Berharap Harga Bahan Pokok Terkendali saat Nataru, Mendag Zulhas: Kuncinya Kerja Sama

Selasa, 28 November 2023 – 18:39 WIB
Mendag RI Zulkifli Hasan (Zulhas) saat blusukan di Pasar Baru Gresik, Selasa (28/11). Foto; supplied

jpnn.com - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan berharap harga bahan pokok dan komoditas pangan lainnya terus terkendali, terutama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Harapan itu disampaikan Zulhas -sapaan Zulkifli Hasan saat memantau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Baru Gresik, Jawa Timur, Selasa pagi (28/11).

BACA JUGA: Mendag Zulhas: Indonesia-AS Sepakat Bekerja Sama Mengatasi Deforestasi

Zulhas mengatakan sejauh ini harga bapok di Gresik cukup stabil, bahkan beberapa komoditas pangan harganya cenderung menurun.

"Mudah-mudahan di Natal Tahun Baru ini semua bisa terkendali. Tentu kenapa semua bisa bagus? Kuncinya kerja sama,” kata Zulhas dikutip dari siaran pers.

BACA JUGA: Bentrokan di Bitung: 2 Tersangka Penganiayaan Ditangkap, Mereka Juga Merusak Ambulans

Dia pun menyebut har?ga bapok di daerah selalu dipantau oleh kepala daerah dan jajaran.

"Ada Pak Bupati yang tiap hari mengecek harga, Pak Mendagri tiap Senin rapat, begitu juga Kemendag. Jadi, memang ini kerja sama semua," tuturnya.

BACA JUGA: Terus Meroket, Sebegini Harga TBS Sawit di Riau Sepekan ke Depan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga pedagang pasar, dan masyarakat menjadi kunci dalam menjaga stabilitas harga bapok.

"Ini mudah-mudahan Natal dan Tahun Baru tidak ada gejolak,” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Senayan pada Senin (27/11), Zulhas mengaku berusaha keras agar masyarakat bisa membeli komoditas pangan dengan harga terjangkau.

"Saya bersama Kemendag berupaya sekuat tenaga memastikan harga komoditas (pangan) di level harga terjangkau bagi masyarakat," ucapnya.

Di Pasar Baru Gresik, harga sejumlah komoditas sudah mengalami penurunan. Misalnya, cabai keriting dari Rp 100.000 kini menjadi Rp 60.000/kg.

Begitu juga cabai rawit turun dari Rp 100.000 sekarang sudah Rp 75.000/kg. Harga bawang merah dan bawang putih pun diketahui terus menurun.

Sementara itu, harga kebutuhan ayam diketahui berada di antara Rp 33.000-Rp 35.000/ekor dan telur berkisar di harga Rp 26.000/kg. Harga serta pasokan kebutuhan pokok lainnya, seperti beras, minyak, dan gula pun diketahui tetap stabil.(fat/jpnn.com)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler