Beri Gawai kepada Siswa dan Guru, Menlu Retno Sampaikan Pesan Menyentuh

Rabu, 30 Desember 2020 – 02:55 WIB
Menlu RI Retno Marsudi, saat penyerahan sumbangan gawai untuk siswa dan guru di Papua-Papua Barat secara virtual dari Jakarta, Selasa (29/12/2020). (ANTARA/Kemlu RI)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerahkan sumbangan gawai Kementerian Luar Negeri kepada siswa dan guru di Papua dan Papua Barat yang dilakukan secara virtual, Selasa (29/12).

Gerakan itu merupakan bagian dari peringatan hari ulang tahun ke-75 Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2020.

BACA JUGA: Pemerintah Hentikan Rekrutmen Guru CPNS, Semuanya Diarahkan ke PPPK

Bantuan itu juga bentuk kepedulian yang diharapkan dapat membantu para siswa dan guru di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Papua dan Papua Barat, untuk mengikuti pendidikan secara daring.

Pada kesempatan itu. Menlu Retno menekankan pentingnya kepedulian antarsesama dan mengingatkan peran semua anak-anak di masa depan.

BACA JUGA: Potensi Gempa Besar dan Tsunami di Selatan Jawa, Begini Mitigasi BNPB

“Kita semua, dari pulau mana pun kita, punya peran besar menjadikan Indonesia lebih baik di masa depan," kata Menlu Retno dikutip dari pernyataan tertulis di laman resmi Kemenlu, Selasa.

"Agar negeri ini terus damai dan makmur, yang kemakmurannya dinikmati semua rakyatnya dari Sabang sampai Merauke,” lanjut Bu Retno.

BACA JUGA: Sudah Korupsi, 118 Koruptor Masih Berstatus PNS dan Minta Diberhentikan dengan Hormat

Hingga akhir Desember 2020, terdapat 438 gawai yang telah disalurkan melalui lembaga mitra Kemenlu yang tersebar di Jabotabek, Bandung, Batam, Bima, Brebes, Cilegon, Cimahi, Jayapura, Medan, Rembang, Semarang, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.

Khusus untuk wilayah Papua dan Papua Barat, gawai diberikan kepada 30 orang pelajar tingkat SMP/SMA serta 3 orang guru yang tinggal di Biak Numfor, Papua dan Raja Ampat, Papua Barat.

Penyaluran dilakukan dalam kerja sama dengan organisasi nirlaba bidang pendidikan, Hoshizora Foundation.

Kristian Wabiser, Guru Koordinator Wilayah Biak menyampaikan apresiasi terhadap sumbangan tersebut.

"Dengan keterbatasan yang kami miliki di desa kami, gawai yang diberikan ini akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar dan mengakses materi ajar," ujarnya.

Para siswa pun turut menyampaikan suka cita dan terima kasih mereka kepada Menlu Retno dan Kemenlu RI.

“Belajar dengan giat, gapai cita-citamu dan berbakti pada negeri," pesan Bu Menlu Retno.(antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler