Beri Remisi HUT Kemerdekaan RI, Ganjar Beri Contoh Eks Napi Teroris yang Telah Bertobat

Rabu, 18 Agustus 2021 – 00:53 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo saat pemberian remisi HUT Kemerdekaan RI. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Hukum dan HAM melalui Kanwil Jateng memberikan remisi kepada 7.154 orang narapidana di wilayah Jateng. Sebanyak 138 narapidana di antaranya langsung bebas.

Surat Keputusan itu diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kegiatan bertajuk "Penyerahan Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia" yang juga digelar serentak di seluruh Indonesia secara virtual.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Duh Pak Jokowi Buat Kerumunan Lagi? ICW Lapor Bareskrim, Program Anies jadi Kena Imbas

Pada acara itu, Ganjar didapuk untuk memberikan sambutan mewakili kepala daerah lainnya se-Indonesia.

Kesempatan itu digunakan Ganjar untuk menceritakan kembali kisah mantan anak buah Noordin M Top dan Dr Azhari, Joko Tri Hermanto alias Jack Harun.

BACA JUGA: Ganjar Terdiam Sesaat Melihat Bayi Yatim yang Baru Berusia 25 Hari Itu..

Ganjar sengaja mengangkat kisah mantan teroris yang kini telah banting setir menjadi pedagang soto di Kabupaten Karanganyar itu pada seluruh kepala daerah yang hadir melalui zoom, termasuk Menkumham Yasonna Laoly dan seluruh perwakilan napi yang mendapat remisi.

Menurutnya, kisah Jack Harun bisa menjadi inspirasi para narapidana ketika kelak kembali ke masyarakat.

BACA JUGA: Pidato Ganjar di HUT Kemerdekaan RI Bikin Merinding: Masker Saja Masih Impor, Apa Kita Tidak Malu?

"Bapak ibu, sekitar empat bulan lalu, waktu gowes di Karanganyar, saya mampir sarapan di warung soto. Tempatnya tidak terlalu lebar, mungkin ada sekitar tujuh sampai 10 meja. Tetapi yang bikin warung itu spesial, setiap jumat di minggu pertama, seluruh dagangannya digratiskan, tidak bayar," katanya.

Pemilik warung soto itu adalah Joko Tri Hermanto. Dulu beliau biasa dipanggil Jack Harun, orang dekatnya Noordin M Top, Dr Azhari dan Dolmaten. Para aktor aksi pengeboman besar di Indonesia.

"Beliau adalah eksnapiter. Kalau dulu biasa merakit bom, lima tahun terakhir ini beliau milih meracik soto. Saya tanya, kok bisa meracik soto, beliau jawab awalnya belajar dari meracik bom," terangnya.

Tak ada orang yang mengira, orang yang dulu dikenal sebagai teroris, membuat takut masyarakat seperti Jack Harun sekarang malah membuat senang rakyat.

Jack memberi gambaran baik bahwa sebenarnya tidak sulit kok diterima masyarakat, asal bisa menunjukkan kesungguhan dalam kegiatan bermasyarakat dan berkontribusi positif.

"Pesan saya, setiap orang punya masa lalu, ada yang biasa saja ada yang masa lalunya menjadi beban. Namun, sekelam apapun masa lalumu, jangan pernah sampai menjadi penentu masa depanmu. Diri kita saat inilah yang harus berperan, karena apa yang kita tanam sekarang menjadi buah yang akan kita petik kelak kemudian," ucapnya.

Ganjar juga mengucapkan selamat pada seluruh narapidana (napi) dan anak berhadapan dengan hukum yaang telah menerima remisi pada perayaan kemerdekaan ke-76 ini.

Menurutnya, mendapatkan remisi adalah cikal bakal yang baik, karena menunjukkan bahwa mereka berkelakuan baik selama di lembaga pemasyarakatan.

Jadi begitu nanti berada di luar, para narapidana itu diminta Ganjar untuk meneruskan apa saja perbuatan baik selama di lembaga pemasyarakatan tanpa perlu khawatir dan berprasangka buruk.

"Untuk saudaraku yang mendapat pengurangan masa tahanan, semoga remisi ini menjadi jeda untuk menyiapkan diri sebelum pulang di tengah-tengah keluarga. Untuk yang sudah bisa pulang rumah, bersyukurlah. Karena sudah ada orang yang tidak sabar memeluk panjenengan. Cintai mereka. Jangan biarkan mereka memperjuangkan keluarga tanpa kehadiran Anda," pungkasnya. (flo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler