Berikut 6 Manfaat Garam Epsom

Sabtu, 30 Maret 2019 – 21:55 WIB
Ilustrasi garam epsom. Foto: Pixabay

jpnn.com - Dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh, ada begitu banyak zat sehat yang harus Anda ketahui. Salah satunya garam epsom atau epsom salt.

Garam epsom sendiri adalah kombinasi dari mineral magnesium dan senyawa sulfat. Garam ini banyak digunakan untuk spa karena diketahui memiliki beberapa sifat penyembuhan ketika diserap ke dalam kulit.

BACA JUGA: 6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Garam

Berikut ini beberapa manfaat garam epsom untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (28/3).

BACA JUGA: Kulit yang Lebih Tua akan Sulit untuk Diperbaiki?

  • Meredakan Stres

Karena kulit Anda siap menyerap magnesium, maka garam epsom bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam sel. Perubahan keseimbangan ini memiliki efek langsung pada otot, otak, dan hormon Anda.

Hormon-hormon ini bisa memiliki berbagai fungsi seperti pembersihan radikal bebas, mengaktifkan saluran ion, dll. Secara keseluruhan, garam epsom dan air panas adalah pasangan yang cocok.

BACA JUGA: Kenali 5 Tanda Anda Mengalami Stres Berat

  • Meredakan Sakit Kaki, Otot Tegang, dan Memar

Tidak ada yang lebih baik daripada mencelupkan kaki kedalam air panas dengan garam epsom jika Anda memiliki sakit kaki, tarikan otot, atau memar.

Magnesium bekerja pada sel otot untuk mengembalikan levelnya.

Dorongan ini membawa efek menenangkan bersama dengan penyembuhan.

Mencelupkan kaki Anda dalam air garam mungkin tidak disarankan jika Anda memiliki luka atau lecet karena gula tinggi (terkait diabetes). Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan garam epsom untuk merendam kaki Anda.

  • Merupakan Pencahar Yang Sangat Baik

Jika Anda sulit tidur karena kram perut dan tidak buang air besar selama lebih dari sehari, maka garam epsom bisa membantu Anda.

Ketika diminum secara internal, garam epsom bekerja pada otot untuk meredakan kram.

Garam ini meningkatkan kadar air dalam usus Anda dan membuang limbah usus besar dengan memicu enzim pencernaan dan neurotransmitter ketika diambil dalam jumlah yang tepat.

  • Membantu Menghilangkan Serpihan dan Mengobati Jamur Kuku serta Peradangan

Kadar magnesium yang sehat dalam tubuh bisa melawan peradangan secara efisien sebagai akibat dari cedera, infeksi, stres, atau alergi.

  • Memperkuat Rambut dan Meningkatkan Volume Rambut

Untuk menghilangkan minyak berlebih yang membuat rambut Anda terlihat rata dan lemas, gunakan garam ini bersama dengan produk rambut Anda. Ini memberi volume rambut Anda.

Garam epsom juga bisa mengendalikan rambut kusut dan kusam yang kering dan rusak.

Namun, perlu diingat bahwa magnesium dalam garam epsom bisa bereaksi dengan pigmen jika rambut Anda diwarnai. Mencuci rambut yang diwarnai dengan garam epsom bisa menyebabkan warna memudar.

  • Pengelupasan dan Memperbaiki Kulit

Sekarang, Anda sadar bahwa magnesium bisa menembus kulit Anda dengan mudah.

Ketika dioleskan, ion magnesium berinteraksi dengan air dan melembabkan kulit. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh sukarelawan pada tahun 2005, kekasaran kulit dan peradangan berkurang secara signifikan ketika air laut yang kaya akan magnesium digunakan untuk mandi dan membersihkan tubuh.

Garam epsom benar-benar mengelupas kulit Anda dan menghilangka kulit mati, komedo, dan luka atau infeksi yang menimbulkan peradangan. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Obesitas Tingkatkan Risiko Asam Urat?


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler