Berkat Transformasi Digital, Pupuk Indonesia Raih Penghargaan Ini dari IDC

Rabu, 12 Oktober 2022 – 11:57 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022. Foto: dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan Best in Future of Industry Ecosystem dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022.

Penghargaan itu disematkan terhadap ekosistem digital Retail Management System (RMS) atau Rekan, yaitu sebuah aplikasi untuk distributor dan kios resmi Pupuk Indonesia.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Sertifikasi dan Biayai Pendidikan Ratusan Guru

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruky mengatakan penghargaan ini adalah bentuk pengakuan publik internasional terhadap transformasi digital.

Dalam hal ini, aplikasi digital Rekan dinilai sebagai terobosan inovatif yang mampu meningkatkan efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas pada jaringan distributor.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Borong Prestasi di Ajang APQO 2022

“Tantangan utama dalam mengembangkan aplikasi REKAN ini adalah bagaimana bisa menyelaraskannya dengan sejumlah peraturan, mengajak distributor, dan kios untuk mau beradaptasi,” jelas Panji.

Dalam penerapannya, REKAN memiliki beragam manfaat.

BACA JUGA: Cegah Radikalisme dan Terorisme, Pupuk Indonesia Gandeng BNPT

Pertama, digitalisasi tata kelola dan penyederhanaan proses penebusan pupuk.

Kedua, mampu meningkatkan penelusuran penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat kios berdasarkan data petani penerima subsidi dan geo-tagging.

Ketiga, terintegrasi dengan sistem eksternal lainnya. K

eempat, menyediakan laporan penebusan dan penagihan secara digital di dalam satu aplikasi.

Selanjutnya kelima, mempermudah administrasi pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan stok, dan manajemen pegawai.

Keenam, terdapat mode offline yang bisa berfungsi pada wilayah terpencil dengan kualitas sinyal kurang baik.

Ketujuh, sistem point of sales penjualan produk non subsidi atau produk lainnya dan terintegrasi dengan supply chain retail Pupuk Indonesia dan digunakan dalam program Retail Management dan Program Makmur.

Terakhir, mempermudah kontrol stok produk dan barang secara realtime.

“Dengan aplikasi ini, Pupuk Indonesia bisa memastikan penyaluran pupuk, terutama pupuk bersubsidi dapat menjadi lebih tepat sasaran,” jelas Panji.

IDC Future Enterprise Awards sendiri adalah ajang penghargaan kepada perusahaan yang mampu memanfaatkan teknologi dalam melewati berbagai tantangan dan disrupsi di era digital yang sedang berkembang pesat.

IDC berasal dari Amerika Serikat (AS) dan berdiri sejak 1964.

IDC menyediakan pelayanan di tingkat global seputar jasa intelijen pasar, konsultasi, dan event seputar teknologi informasi, telekomunikasi, hingga pasar teknologi konsumen.

Terdapat total sebelas kategori penghargaan dalam ajang ini.

Setiap kategori hanya dimenangkan oleh satu perusahaan atau perorangan dari setiap negara.

Para pemenang melewati proses cukup ketat, karena penilaian dilakukan oleh para analis dari IDC, praktisi industri, pemimpin berpengaruh, hingga akademisi berbagai negara.

Selanjutnya, para pemenang dari setiap negara akan kembali berkompetisi ke tahap selanjutnya, yaitu di tingkat regional dalam ajang IDC Asia/Pasific DX Summit and Future Enterprise Awards 2022 yang akan digelar di Singapura pada 26 Oktober 2022. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pupuk Indonesia Gandeng BNPT untuk Cegah Radikalisme Terorisme


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler