Berkunjung ke Dapil, Ibas Terima Aduan dari Petani soal Pupuk

Jumat, 14 Oktober 2022 – 08:51 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan saat ini petani di daerah Magetan tak mengkhawatirkan soal kecukupan air. Foto: Dok Fraksi Demokrat

jpnn.com, MAGETAN - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan saat ini petani di daerah Magetan tak mengkhawatirkan soal kecukupan air.

Sebab, bantuan program saluran irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) telah berhasil mengaliri sawah dan kebun.

BACA JUGA: Ibas: Presiden 2024 Harus Mengedepankan Kepentingan Bangsa

Hal itu terlihat saat kunjungan Desa Dadi, Magetan, Jawa Timur, Rabu (12/10).

"Sebanyak 16 saluran irigasi yang kami kawal di Magetan, alhamdulillah Desa Dadi sudah dialiri air. Irigasi itu kelihatannya sederhana, dari atas sampai ke Lereng Lawu. Ada berapa yang bisa dialiri dan semuanya menghasilkan. Ada wortel, tomat, cabai, sawi, dan masih banyak lagi,” kata Ibas.

BACA JUGA: Seabad Terate Emas, Ibas Ajak Semua Pihak Pelihara Kearifan Lokal

Saluran irigasi yang dibangun sepanjang ratusan meter di desa tersebut, selain berfungsi sebagai irigasi perkebunan, juga bermanfaat sebagai saluran air pencegah banjir pemukiman yang berada di bawahnya.

Setelah meninjau irigasi, Ibas lalu memberikan bantuan berupa alat handsprayer untuk perkebunan dan ribuan paket beras untuk masyarakat.

BACA JUGA: Maknai Kemerdekaan, Ibas Ajak Bangsa Indonesia Bersatu Hadapi Tantangan

Menurut Ibas, saat kunjungan petani mengeluhkan mahalnya harga pupuk.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan PT Petrokimia Gresik untuk menyampaikan keluhan masyarakat.

"Agar distribusinya merata, sampai ke daerah Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek tepat waktu, terutama saat musim tanam,” terang Ibas.

Ibas berjanji akan terus perjuangkan agar pupuk untuk petani bisa didistribusikan dengan lancar.

"Tidak hanya petani padi, tapi juga para pekebun sayur, buah-buahan, terus diperhatikan. Tidak hanya harga pupuknya tetapi juga distribusinya," katanya.

Wakil Rakyat Partai Demokrat dari Dapil Jatim VII ini juga berpesan agar para pekebun di Desa Dadi tetap semangat bekerja. Sayur-mayur merupakan kebutuhan pokok yang kaya akan gizi, Ibas berharap hasil kebun ini nantinya juga dapat dirasakan anak-cucu agar menjadi generasi yang sehat.

Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Boja, Radi mengucapkan terima kasih kepada Ibas atas kawalan bantuan saluran irigasi untuk Desa Dadi.

“Terima kasih Mas Ibas, irigasi ini bisa melancarkan saluran pertanian dan perkebunan untuk kesejahteraan warga Desa Dadi,” kata Radi.

Ratmi mewakili pekebun di Desa Dadi juga bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Ibas.

“Terima kasih pada Mas Ibas, berkat bantuan saluran air dan jalan ke sawah, semua warga Desa Dadi sangat merasakan manfaatnya," ungkap Ratmi. (mcr10/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ibas   petani   Pupuk   Demokrat   saluran irigasi  

Terpopuler