Berkunjung ke Kesultanan Kutai Kartanegara, Ganjar Ikut Menari Kanjar Ganjur 

Rabu, 06 Desember 2023 – 12:14 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Jalan Monumen Timur, Tenggarong, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (6/12). Aristo/JPNN

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo melanjutkan kegiatan kampanye hari kesembilan dengan mendatangi Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura di Jalan Monumen Timur, Tenggarong, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (6/12).

Ganjar tiba di lokasi sekitar pukul 12.10 WITA dengan menumpangi mobil berkelir hitam dan didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Irjen (Purn) Safaruddin.

BACA JUGA: Kampanye Hari ke-9, Ganjar Blusukan ke Pasar Loa Kulu di Kutai Kartanegara

Ganjar selanjutnya memasuki ruang penyambutan dan diterima oleh Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu bersama Sultan Aji duduk di bangku kehormatan, lalu para seniman dari Kutai Kartanegara memasuki ruangan untuk menampilkan tarian Topeng.

BACA JUGA: Terkesan Menyindir Gibran, Anies: Asam Folat Didapat dari Tanaman, Bukan di Bengkel

Selesai Tarian Topeng, para seniman lainnya mempertontonkan tarian Kanjar Ganjur sebuah kebudayaan yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura.

Ganjar kemudian dipersilakan pihak kesultanan untuk ikut beranjak dari bangku untuk menarikan Kanjar Ganjur.

BACA JUGA: Butet Kartaredjasa Merasa Diintimidasi, Polisi Beri Penjelasan Begini

Ganjar tampak tersenyum selama menari, sembari melihat seniman agar tidak salah mengikuti gerakan Kanjar Ganjur.

Diketahui, Ganjar melakukan kampanye hari kesembilan pada Rabu (6/12) dengan mendatangi tiga wilayah di Kalimantan Timur, yakni Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Samarinda.

Awalnya, capres RI yang berpasangan dengan Mahfud MD di Pilpres 2024 itu melakukan lari pagi bersama warga sekitar di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Rabu pukul 06.00 WITA.

Dia kemudian melanjutkan kegiatan hari kampanye kesembilan dengan berkunjung ke Kutai Kartanegara dengan mendatangi Pasar Loa Kulu, bertemu Sultan Kutai Kertanegara Kedaton, dan berziarah ke Makam Sulaeman.

Selanjutnya, Ganjar selama di Kutai Kartanegara juga bakal melakukan rapat internal bersama pimpinan TPD setempat dan caleg partai pengusung.

Ganjar setelah dari Kutai Kartanegara, kemudian melanjutkan perjalanan ke Samarinda dengan blusukan ke Pasar Segiri, melaksanakan silaturahmi kebangsaan, dan berbicara bersama milenial serta generasi z. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler