Bermodal Alamat Palsu, Bobol Belasan Kos-kosan

Sabtu, 14 Desember 2013 – 09:35 WIB

jpnn.com - SURABAYA - Perbuatan Junaidi Abdilah, 22 dan Harianto, 23 bisa jadi mirip dengan lagu dangdut Ayu Ting Ting berjudul alamat palsu. Tapi dia bukan sedang mencari alamat sang pacar atau kekasihnya, alamat palsu itu digunakan untuk melakukan kejahatan. Dengan berpura-pura tanya alamat palsu, dia pun berhasil menguras barang berharga di beberapa rumah dan kos-kosan.

Tapi ulah warga Jalan Kapas Madya dan Kedinding, Surabaya itu berhenti ditangan Unit Kejahatan Umum (Jatanum) Satreskrim Polrestabes Surabaya. Ternyata mereka tak hanya beraksi di Surabaya, tapi sudah melanglang hingga Pasuruan, Kediri dan Nganjuk.

BACA JUGA: Baru Pacaran Beberapa Hari, Siswi SMA Sudah Dicabuli

Ya, dalam beraksi, mereka berpura-pura mencari kos-kosan atau bertanya alamat. Cara itu dilakukan untuk mengecek kondisi rumah sasaran, apakah dalam kondisi kosong atau penghuni sedang di dalam.

Dengan cara seperti itu, mereka setidaknya sudah berhasil membabat habis barang berharga seperti uang dan ponsel di 17 rumah dan kos-kosan. Itu dibuktikan dengan kartu identitas berupa KTP dan SIM korban yang tersimpan di rumah pelaku.

Dua pemuda itu kali terakhir beraksi di sebuah rumah di Jalan Pacar Kembang, Surabaya. Rumah yang disasar tersebut milik Agus Sumardi, 48. Di rumah itu, Junaidi dan Harianto menjalankan cara serupa. Karena Agus tak sedang di rumah, dua pemuda tersebut nyelonong begitu saja. 

''Tersangka mengambil dompet yang terletak di atas meja korban,'' kata Kanit Jatanum Satreskrim Polrestabes Surabaya Iptu M. Solikhin Fery kemarin (13/12). (jun/diq/mas)

BACA JUGA: Bos Geng Motor Ditangkap saat Menyerang Minimarket

BACA JUGA: Video 2 Siswi Saling Menjambak Beredar Luas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Telanjangi 95 Pemuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler