Bersinergi dan Berbagi, Muhammadiyah United Kingdom Gelar Baitul Arqam 2024 di London

Selasa, 06 Agustus 2024 – 14:48 WIB
Kegiatan Baitul Arqam Muhammadiyah United Kingdom 2024 di London, Inggris pada Sabtu (3/8). Foto: Dok. Muhammadiyah

jpnn.com, LONDON - Persyarikatan Muhammadiyah terus berupaya memperkuat jaringan di mancanegara.

Pada Sabtu lalu (3/8/2024), ormas keagamaan pimpinan K.H. Haedar Nashir itu menggelar acara bernama Baitul Arqam Muhammadiyah United Kingdom 2024 di London, Inggris.

BACA JUGA: Bersatu Demi Kesejahteraan Ekonomi Umat, BTN Syariah Perkuat Kerja sama dengan PP Muhammadiyah

Acara yang berlangsung selama dua hari hingga Minggu (4/8/2024) itu diselenggarakan oleh Muhammadiyah United Kingdom (UK).

Agenda utama dalam kegiatan tersebut ialah menyinergiikan Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) dan Pengurus Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Britania Raya dan Irlandia periode 2023-2025.

BACA JUGA: BRI Jalin Sinergi dengan Muhammadiyah Terkait Hal Ini

Ketua Panitia Baitul Arqam 2024 Avan Suinesiaputra mengatakan kegiatan itu menjadi wadah penting bagi warga Muhammadiyah di Inggris untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan membangun jejaring.

“Kegiatan ini tidak hanya memperkuat jaringan antaranggota, tetapi juga menegaskan komitmen Muhammadiyah untuk terus berperan aktif dalam kancah internasional,” ungkap Avan melalui siaran pers ke JPNN.com, Senin (5/8/2024).

BACA JUGA: Bang Saleh Dukung Keputusan Muhammadiyah soal Pengelolaan Tambang

Avan menjelaskan agenda hari pertama Baitul Arqam 2024 ialah pembukaan yang dilaksanakan di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London.

Acara itu dibuka oleh Wakil Duta Besar RI untuk Inggris Raya Sahadatun Donatirin yang memuji inisiatif PCIM dan PCIA memajukan komunitas Indonesia di Inggris.

Ketua PCIM UK Dyah Prawesti dan Wakil Ketua PCIA UK Nita Yalina juga menyampaikan kata sambutan pada pembukaan tersebut.

Adapun pembicara utama pada Pembukaan Baitul Arqam 2024 ialah Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Abdul Mu'ti.

Selanjutnya, agenda hari kedua Baitul Arqam 2024 dilaksanakan di Masjid Indonesian Islamic Centre (IIC) London.

Acara yakni berupa dakwah yang disampaikan Dr. Hilaal, pendakwah yang berdomisili di Inggris.

Selain itu, agenda hari kedua Baitul Arqam 2024 ialah membahas rencana dan program kerja Muhammadiyah UK.

“Ini sebagai komitmen untuk terus berkontribusi bagi kemajuan umat dan bangsa,” imbuh Avan.

Menurut Ivan, warga Muhammadiyah di UK sangat antusias menyambut kegiatan itu. Peserta yang menghadiri Baitul Arqam 2024 tidak hanya datang dari London, tetapi juga dari kota-kota lain, seperti Leeds, Dundee, Edinburgh, Lancaster, Manchester, Birmingham, Newcastle, dan Bristol.

“Mayoritas peserta adalah diaspora Indonesia yang telah tinggal puluhan tahun di Inggris, serta mahasiswa S2 dan S3 dari berbagai universitas ternama di Inggris,” tuturnya.(jpnn.com)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler