Bang Saleh Dukung Keputusan Muhammadiyah soal Pengelolaan Tambang

Selasa, 30 Juli 2024 – 19:23 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi dan menghormati keputusan PP Muhammadiyah yang siap mengelola tambang yang diberikan pemerintah.

Menurut Saleh, hal itu adalah keputusan yang sangat independen dan mandiri, bahkan sebelum memutuskan, PP Muhammadiyah sudah melakukan kajian mendalam dan mendengar masukan dari para ahli.

BACA JUGA: Prof Zainuddin Maliki Yakin Muhammadiyah Akan Melakukan yang Terbaik Mengelola Tambang

"Muhammadiyah selalu berhati-hati dalam membuat keputusan, apalagi isu tambang ini menyita perhatian publik. Namun biasanya, kalau sudah diputuskan, akan dikerjakan dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata Saleh saat dikonfirmasi, Selasa (30/7).

Anggota DPR Dapil 2 Sumut itu menilai PP Muhammadiyah sangat wajar menerima konsesi tambang. Muhammadiyah adalah ormas keagamaan yang ikut berjuang untuk bangsa ini sejak masa penjajahan.

BACA JUGA: PN Surabaya Tak Berwenang Menonaktifkan 3 Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur

Saleh mengatakan pengalaman Muhammadiyah dalam melayani umat tidak perlu diragukan. Terbukti, Muhammadiyah telah mengelola ribuan sekolah, ratusan perguruan tinggi, rumah sakit, baitul mal, dan amal usaha lain, serta ribuan masjid yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Agak aneh kalau ada orang yang meragukan kemampuan Muhammadiyah. Dengan jumlah perguruan tinggi yang begitu banyak, Muhammadiyah memiliki para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Mereka banyak juga yang berlatar belakang pendidikan luar negeri," ucapnya.

BACA JUGA: Muhammadiyah Terima Tawaran Kelola Tambang, Haedar: Kami Punya Ahli

Kalau Muhammadiyah dipercaya mengelola tambang, kata Saleh, maka yang mengelola adalah persyarikatan, bukan individu untuk kepentingan perseorangan. Kemaslahatan yang akan diperoleh pun pasti untuk umat dan masyarakat.

"Saya ini kader Muhammadiyah. Saya paham betul bagaimana aturan mengelola amal usaha di Muhammadiyah," ujar mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Pimpinan sekalipun menurutnya tidak bisa intervensi atas kebijakan pengelolaan yang sudah dibakukan. Semua pengelola harus taat pada aturan dan ketetapan Muhammadiyah.

"Itulah faktor utama mengapa amal usaha Muhammadiyah tumbuh dan berkembang hingga saat ini," tuturnya.

Saleh mengatakan alangkah indahnya jika semua pihak memberikan kesempatan kepada Muhammadiyah dalam mengelola tambang, apalagi ormas tersebut berjanji akan mengembalikan amanah jika dinilai mendatangkan kemudaratan.

Oleh karena itu, Saleh meyakini Muhammadiyah akan menggunakan kesempatan dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya, meskipun dia melihat banyak orang yang mengkritik, bahkan ada juga politisi yang ikut komentar.

"Sayangnya, komentarnya jauh dari semangat berkemajuan, bahkan mungkin tidak paham secara utuh pikiran dan gerakan sosial Muhammadiyah," kata Saleh.

Meski begitu, dia berharap Muhammadiyah harus jalan terus dengan keputusan soal pengelolaan tambang yang telah dibuat.

"Buktikan kalau Muhammadiyah bisa. Kritik yang ada jadikan sebagai penambah semangat. Semoga dalam waktu dekat ada hasil yang bisa dirasakan masyarakat," ujarnya.(fat/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler