Berstatus Mantan Napi, Torey Kembali Menjabat Bupati

Sabtu, 24 Desember 2011 – 15:58 WIB

MANOKWARI - Alberth H Torey kembali aktif sebagai Bupati Teluk Wondama setelah sempat menjadi terpidana kasus narkoba dan divonis 8 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri ManokwariPengaktifan kembali Torey ini setelah yang bersangkutan menyelesaikan masa hukumannya.

Torey kembali menjabat Bupati Teluk Wondama setelah sekitar 6 bulan dinonaktifkan sejak 22 Juni 2011 lalu

BACA JUGA: Januari 2012, SBY Ajak Tokoh Papua Berdialog

Selama Torey menjalani proses hukum dan menyelesaikan masa hukuman,Wakil Bupati Zeth Marani,SH ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) bupati.

Pengukuhan atau pengaktifan kembali Alberth H Torey sebagai Bupati Teluk Wondama yang digelar di Swiss-belhotel Manokwari, Kamis (22/12), ditandai dengan penyerahan Keputusan Mendagri Nomor 131.92-857 Tentang Pengaktifan Kembali Bupati Teluk Wondama,Drs Alberth H Torey
Keputan Mendagri ini menindaklanjuti Surat Penjabat Gubernur Papua Barat Nomor 131/1694/GPB/2011

BACA JUGA: Daya Serap Dana di Papua Barat Rendah

Dengan demikian Keputusan Mendagri Nomor: 192-477/2011 tanggal 22 Juni 2011 tentang pemberhentian sementara Bupati Teluk Wondama,Drs Alberth H Torey,MM telah dicabut.

Pjt Gubernur Papua Barat,Drs Tanribali Lamo,SH menyerahkan Keputusan Mendagri tentang pengaktifan kembali tersebut kepada Drs Alberth Torey disaksikan Wakil Bupati Teluk Wondama,Zeth Marani dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Raut wajah Torey biasa-biasa saja usai diaktifkan kembali
Saat ditemui sejumlah wartawan, Torey enggan memberi pernyataan terkait dengan pengaktifan kembali dirinya.‘’Situasi tidak memungkinkan,’’ elak Torey sambil berlalu.

Menarik, usai menerima SK pengaktifan kembali, Torey langsung menerima DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) 2012 yang  diserahkan Pjt Gubernur Papua Barat, kemarin

BACA JUGA: Proyek Stadion Jababeka Mangkrak

Ia juga sempat bertemu dan berbicara sesaat dengan Kapolda Papua,Irjen Pol Drs Bigman L Tobing di lobi Swiss-belhotelPemandangan ini menarik perhatian.

Pjt Gubernur mengawali sambutannya menyampaikan permintaan maaf pada bupati dan wakil bupati Teluk Wondama karena hanya diundang lewat telepon untuk menghadiri penyerahan keputusan pengaktifan kembali ini‘’Sekali lagi kami mohon maafKarena kesibukan kegiatan ini bisa dilaksanakan,’’ tutur Tanri.

Penyerahan Keputusan Mendagri tentang pengaktifan kembali Drs Alberth H Torey,MM digelar bersamaan dengan penyerahan DIPA menurut Tanri untuk pemanfaatan waktu secara efektif

Pjt Gubernur mengatakan, kalau mengartikan kata ‘’pengaktifan kembali’’, tidak ada permasalahanMenurutnya, bupati dan wakil bupati berada dalam satu paketPengaktifan ini sengaja dilaksanakan pada akhir tahun anggaran, sehingga dapat diketahui mana yang dikerjakan oleh bupati dan wakil bupati

‘’Sehingga apapun yang dikerjakan oleh wakil bupati pasti atas sepengetahuan bupati meskipun dalam status non aktifMengapa, ini sampaikan,agar tidak ada prasangka, itu bukan kerjaan wakil bupatiYang jadi penekanan saja di sini adalah, apapun yang dikerjakan itu adalah proses bersama,’’ tukasnya.

Tanri mengucapkan selamat bertugas kembali pada Alberth H Torey.’’Ciptakan Sasar Wondama yang menjadi ikon dari lambang Kabupaten Teluk WondamaRakyat menanti apa yang Bapak berdua kerjakanYang paling penting adalah, bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat di Teluk Wondama,’’ imbuhnya.(lm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyerahan Bantuan Khusus, Kantor Bupati Manokwari Tegang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler