Bertemu Dirjen IAEA, Ketua DPR Dukung Pemanfaatan Nuklir

Kamis, 22 Januari 2015 – 22:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto siang tadi (22/1) menerima Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano di gedung DPR, Kamis (22/1). Dalam pertemuan itu, Novanti menyampaikan dukungannya terhadap penguatan kerja sama antara Indonesia dengan IAEA dalam  pemanfaatan dan penerapan teknologi nuklir.

Menurut Novanto, Indonesia melalui penelitian telah berhasil memanfaatkan teknologi nuklir di bidang pertanian dan pangan. Misalnya untuk padi, kedelai, kacang tanah dan sorgum sehingga Indonesia mendapat penghargaan dari Badan Pangan Dunia (FAO).

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Merasa Sudah Dibesarkan PAN

“Hasil dari penelitian itu sudah dimanfaatkan secara luas oleh petani dan lebih memberikan kontribusi penting dalam mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan. Bahkan, Indonesia menerima penghargaan Outstanding Achievement Award dari FAO dan IAEA,” kata Novanto dalam pertemuan itu.

Dalam pertemuan itu Novanto didampingi oleh anggota DPR antara lain Saya Widya Yudha, Robert Kardinal dan Tantowi Yahya. Hadir pula Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto dan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Prof. Jazi Eko Istiyanto MSc.

BACA JUGA: Dianggap Politikus Berjubah Penegak Hukum, Abraham Diminta Mundur

Lebih lanjut Novanto mengatakan, Indonesia juga telah memanfaatkan teknologi nuklir di bidang kesehatan guna menghasilkan berbagai produk radioisotop dan radiofarmasi. Hasilnya adalah pemanfaatan nuklir untuk diagnosis dan terapi penyembuhan kanker.

Sementara Yukiya Amano mengatakan, kedatangannya untuk bertukar pikiran dengan pemerintah Indonesia terkait pengembangan nuklir agar bisa terus berjalan. Apalagi, katanya, Indonesia bagi IAEA merupakan salah satu mitra yang memberikan banyak kontribusi untuk pengembangan teknologi nuklir.

BACA JUGA: Lempari Gambar Abraham Samad dengan Telor dan Tomat

"Nuklir penting dalam pembangunan. Justru pengembangan teknologi nuklir lebih baik di masa depan. IAEA tidak memaksakan negara-negara untuk menggunakan nuklir, tapi bagi yang menggunakan, IAEA akan membantu agar penggunaannya aman dan terjaga," tegasnya.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diragukan Tjahjo Hingga Yusril, Sejauh Mana Sensasi Hasto?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler