Bertemu Wali Kota Kishida Kazuo, Sekjen Kemnaker Bahas Peluang Kerja di Hokota Jepang

Rabu, 04 September 2024 – 13:19 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kiri) saat mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Hokota Kishida Kazuo untuk membahas potensi kerja sama di bidang ketenagakerjaan, Rabu (3/9). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, HOKOTA, JEPANG - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi mengadakan pertemuan penting dengan Wali Kota Hokota Kishida Kazuo untuk membahas potensi kerja sama di bidang ketenagakerjaan.

Pertemuan ini menyoroti program Specified Skilled Worker (SSW) dan pemagangan sebagai jalur yang dapat dioptimalkan oleh pekerja Indonesia.

BACA JUGA: Kejar Target 100 Ribu Penempatan Pekerja Migran ke Jepang, Begini Strategi Kemnaker

Hokota yang dikenal sebagai penghasil buah dan sayur premium, seperti stroberi, melon, wortel, dan ubi jalar menawarkan peluang besar di sektor pertanian.

Selain itu, kota ini juga memiliki sektor manufaktur dan jasa yang berkembang pesat menjadikannya destinasi yang menjanjikan bagi tenaga kerja terampil dari Indonesia.

BACA JUGA: Kemnaker Gelar KKIN Tingkat Nasional di Sorong, 140 Kompetitor Bersaing Unjuk Keahlian

"Potensi di Hokota sangat luar biasa, terutama dengan fokus pada pertanian berkelanjutan dan industri modern. Ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan oleh pekerja Indonesia," ungkap Sekjen Anwar Sanusi setelah pertemuan di Hokota, Rabu (3/9).

Wali Kota Kishida Kazuo menyambut baik kolaborasi ini dan menyatakan bahwa tenaga kerja Indonesia yang dikenal dengan etos kerja dan keterampilan yang tinggi sangat cocok untuk mendukung kebutuhan industri di Hokota.

BACA JUGA: Buka Pelatihan Bahasa Jepang di BLK Disnakertrans, Ini Harapan Pj Bupati Yudia Ramli

"Kami sangat antusias menyambut tenaga kerja Indonesia yang akan menjadi bagian penting dalam pengembangan ekonomi kota kami," ujarnya.

Kerja sama ini tidak hanya membuka peluang kerja di luar negeri bagi tenaga kerja Indonesia, tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kesempatan bekerja di lingkungan yang mendukung pengembangan karier.

Kementerian Ketenagakerjaan berkomitmen untuk terus memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai wilayah di Jepang dengan memastikan setiap tenaga kerja Indonesia yang ditempatkan mendapatkan pelindungan dan hak yang layak.

Sinergi ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi hubungan ketenagakerjaan antara Indonesia dan Jepang, serta membantu lebih banyak pekerja Indonesia meraih kesuksesan di Negeri Sakura. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler