Kejar Target 100 Ribu Penempatan Pekerja Migran ke Jepang, Begini Strategi Kemnaker

Selasa, 03 September 2024 – 19:13 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kiri) saat hadir dalam acara Business Meeting Jepang di Izumi Garden Tower, Tokyo, Rabu (3/9). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, TOKYO - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) gencar mempersiapkan strategi untuk mencapai target penempatan 100 ribu pekerja migran Indonesia di Jepang melalui skema Specified Skilled Worker (SSW) dalam lima tahun ke depan.

Langkah ini menjadi bagian dari upaya Kemnaker memaksimalkan bonus demografi Indonesia.

BACA JUGA: Kemnaker Gelar KKIN Tingkat Nasional di Sorong, 140 Kompetitor Bersaing Unjuk Keahlian

"Target kami jelas, yaitu menempatkan 100 ribu pekerja migran di Jepang melalui skema SSW. Ini bukan hanya tentang jumlah, tetapi juga tentang kualitas tenaga kerja yang siap bersaing di pasar global," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat membuka acara Business Meeting Jepang di Izumi Garden Tower, Tokyo, Rabu (3/9).

Untuk mencapai target tersebut, kata Sekjen Anwar, Kemnaker mengembangkan skema penempatan private to private (P to P) yang memperkuat kerja sama antara perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) dengan perusahaan penerima di Jepang.

BACA JUGA: Kemnaker dan Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama, Menaker Ida: Ini Merupakan Sejarah

Selain itu, peningkatan kapasitas SDM melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) juga menjadi prioritas.

"Kami juga memperluas jaringan kerja sama dengan pemerintah daerah di Jepang, seperti Prefektur Miyagi, dan berharap ini dapat diterapkan di prefektur lainnya," tambah Sekjen Anwar.

BACA JUGA: Sekjen Kemnaker Temui 2 Pejabat Penting di Nagano, Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM

Kemnaker juga telah mendirikan Pusat Pasar Kerja untuk mengoordinasikan permintaan dan penawaran tenaga kerja.

"Ini adalah bagian dari visi kami menuju Indonesia Emas 2045, dengan SDM yang berdaya saing dan produktif," jelasnya.

Acara Business Meeting Jepang ini diharapkan memperkuat hubungan bilateral dan membuka lebih banyak peluang bagi pekerja migran Indonesia di pasar internasional. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler