Kemnaker Gelar KKIN Tingkat Nasional di Sorong, 140 Kompetitor Bersaing Unjuk Keahlian

Selasa, 03 September 2024 – 16:25 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri pembukaan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Kementerian Ketenagakerjaan IX Tahun 2024 tingkat nasional di Sorong, Papua Barat. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SORONG - Sebanyak 140 instruktur pendidikan kerja bidang vokasi saling mengadu kreativitas dalam Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Kementerian Ketenagakerjaan IX Tahun 2024 tingkat nasional yang dilaksanakan di Sorong, Papua Barat pada 2-7 September 2024.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutannya saat membuka KKIN menyampaikan instruktur merupakan aktor utama di dalam pelatihan vokasi yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap, dan perilaku (etos kerja) dari SDM pelatihan.

BACA JUGA: Kemnaker dan Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama, Menaker Ida: Ini Merupakan Sejarah

"Seorang instruktur harus memiliki kompetensi keahlian atau teknis dan metodologi sehingga perannya sangatlah strategis sebagai ujung tombak dalam mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resminya, Selasa (3/9).

Sebanyak 14 bidang keahlian akan dikompetisikan dalam KKIN IX tingkat nasional di Sorong.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Sebut Desmigratif Merupakan Ekosistem Perlindungan Pekerja Migran

Meliputi instalasi listrik, elektronika, las, pendingin dan tata udara, otomotif sepeda motor, otomotif kendaraan ringan, desain grafis, perancangan rekayasa mekanik CAD, solusi perangkat lunak teknologi informasi untuk bisnis, tata busana, kecantikan, pelayanan restoran, pembuatan kabinet dan barista.

"Masing-masing bidang keahlian tersebut akan diikuti oleh sepuluh kompetitor yang akan bersaing untuk menunjukkan keahlian mereka," sebut Menaker Ida Fauziyah.

BACA JUGA: Perkuat Kolaborasi Ketenagakerjaan, Kemnaker & Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama

Mereka merupakan para juara 1 dan 2 dari KKIN IX tingkat regional yang digelar di Balai Pelatihan Vokasi & Produktivitas (BPVP) Surakarta, BPVP Padang, BPVP Samarinda, BPVP Sidoarjo, dan BBPVP Makassar.

Menaker Ida menambahkan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kompetensi instruktur adalah melalui kompetisi antarinstruktur.

Sebab, kompetisi ini tak hanya menguji kemampuan teknis dan metodologi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para instruktur untuk mengukur diri, berbagi pengalaman, dan belajar antar instruktur.

"Melalui kompetisi ini, para instruktur dapat terus meningkatkan kualitas dalam memberikan materi pelatihan yang mereka berikan," harapnya.

Menaker Ida Fauziyah berpesan kepada para instruktur agar terus memelihara kompetensi keahlian dan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan teknologi dan pasar kerja serta harus meningkatkan kompetensi soft skill.

"Soft skill adalah atribut pribadi, ciri-ciri kepribadian, isyarat sosial yang melekat, dan kemampuan komunikasi untuk 'sukses' di tempat kerja," tegasnya.

Menaker Ida Fauziyah juga mengatakan delegasi Indonesia menjadi juara umum di ajang The 13th Worldskills ASEAN tahun 2023 setelah meraih gelar juara umum setelah mengumpulkan total 27 medali pada akhir Juli 2023 lalu.

Selanjutnya, kontingen Indonesia juga meraih juara 3 dalam Kompetisi Keterampilan Tingkat Asia (WorldSkills Asia Competition) di Abu Dhabi dengan perolehan 3 medali emas, 3 medali perak, 2 medali pada awal Desember 2023.

Pemenang KKIN selain menerima penghargaan piagam, juga akan mengantongi hadiah Rp 10juta bagi juara pertama, juara dua Rp 7,5juta dan Rp 5juta bagi juara ketiga. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler