Besok, Ratusan Ribu Massa Meriahkan Pelantikan Jokowi-Maruf Amin

Sabtu, 19 Oktober 2019 – 20:23 WIB
Jokowi dan Ma'ruf Amin. Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan ribu massa dipastikan bakal memenuhi sekitaran Patung Kuda hingga Istana Negara, Minggu (20/10) besok.

Hal itu dipastikan oleh Ketua Panitia Syukuran Inagurasi Presiden-Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea. Menurut Andi, acara tetap dikemas meriah tetapi tidak besar-besaran lantaran Presiden Jokowi menghendaki acara yang khidmat dan sederhana.

BACA JUGA: Wapres Vietnam Akan Hadir di Pelantikan Jokowi

"Pesan kesederhanaan itu yang kami pegang," kata Andi Gani dalam jumpa persnya di, Jakarta, Sabtu (19/10).

Andi Gani menuturkan, seluruh relawan yang hadir tersebar di Jabodetabek dan seluruh Indonesia. Bahkan, ada juga relawan-relawan dari Eropa dan Amerika yang hadir untuk meramaikan acara.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Bentuk Tim Morres untuk Amankan Pelantikan Presiden

Massa bakal terkonsenterasi di Taman Pandang hingga ke patung kuda. Mereka yang hadir bakal mengenakan kostum putih dan putih merah. 

"Relawan disarankan tidak lagi membawa bendera-bendera organ relawan. Disarankan membawa bendera merah putih," tuturnya.

BACA JUGA: Ssstt...Novel Baswedan Titipkan Dokumen Penting untuk Pak Jokowi Sebelum Pelantikan Presiden

Acara akan dimulai sekitar pukul 12.00 WIB. Seluruh relawan juga diminta tidak membawa anak kecil saat menghadiri acara pelantikan inagurasi nanti. 

Selain itu, hanya satu pintu saja yang dibuka sebagai pintu masuk massa yakni Monas dari arah Gambir. Massa yang masuk pun bakal melewati pemeriksaan x-ray.

Sebagai hiburan, relawan bakal menyediakan tiga panggung. Dua panggung besar di Taman Pandang, dan di depan Mahkamah Konstitusi (MK) dan satu panggung kecil di patung kuda.

Setiap panggung bakal menyediakan layar ukuran besar untuk menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di MPR/DPR. Di atas panggung-panggung tersebut pula bakal diisi pagelaran kolosal berupa tari atau nyanyian. 

"Yang mengisi dari relawan-relawan. Bukan dari grup besar meskipun sudah ada grup yang bersedia untuk menghibur massa menyambut presiden" jelas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu.

Wisata kuliner di sepanjang jalan juga sudah disiapkan. "Makanan ini gratis untuk masyarakat," jelasnya.

Terkait apakah Presiden Jokowi akan mampir ke salah satu panggung dan menemui massa belum bisa dipastikan. Namun, kata Andi Gani, Wakil Presiden Maruf Amin dipastikan akan memimpin doa secara langsung di Istana Negara.

"Apakah Jokowi akan menjumpai massa ? Akan ada kejutan nantinya. Kami belum bisa memberitahunya. Nanti saat hari H akan ada kejutan," ucapnya.

Sementara itu, untuk di Yogyakarta, hari ini ribuan massa turun terdiri dari barisan prajurit keraton, komunitas budaya, komunitas millenial, marching band Universitas Gajah Mada dan perwakilan masyarakat di seluruh wilayah Yogyakarta.

Acara bertajuk dari Yogyakarta untuk Indonesia ini merupakan rangkaian dari Inagurasi pelantikan Presiden dan Wakil presiden Indonesia.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler