Besok, Sejumlah Kepala Negara G20 Bakal Tiba di Bali

Minggu, 13 November 2022 – 00:15 WIB
General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan Sejumlah kepala negara anggota G20 dikabarkan mulai tiba di Bali. Foto: dok Antara

jpnn.com, BALI - Sejumlah kepala negara anggota G20 dikabarkan mulai tiba di B Bali pada Minggu (13/11).

Hal tersebut diungkapkan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan melalui sambungan telepon di Bali, Sabtu (12/) malam.

BACA JUGA: Bukan Cuma Putin, Dua Presiden Ini Juga Absen KTT G20 Bali

“Benar tanggal 13 November 2022 mulai ada yang datang delegasi G20 ke Bali. (Tepatnya) tanggal 13, 14, dan 15 November 2022," kata dia.

Sementara untuk kepulanggannya, kata Handy, pada 15 November 2022 sudah ada mulai melakukan perjalana kembali ke negara asalnya.

BACA JUGA: KTT G20 Bali, Polri Siapkan Skenario Jika Ada Pengganggu

"Ada juga pada 16 dan 17 November 2022,” ungkapnya.

Dia mengatakan pengamanan para kepala negara dan delegasi yang tiba di Bali tersebut ada di bawah kendali Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dibantu oleh personel TNI dari tiga matra serta kepolisian.

BACA JUGA: KTT G20 Jadi Momentum Penting Bangsa Indonesia

“Karena ini treatment berbeda yang harus dipastikan pesawat kepresidenan para kepala negara yang hadir terjamin aman, dan Paspampres yang punya kemampuan itu,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, tamu undangan perhelatan G20 terdiri atas kepala negara atau delegasi 20 negara anggota G20 ditambah 9 negara undangan dan 10 undangan yang mendapat perlakuan VVIP.

Dia mengungkapkan dari jumlah tersebut, ada beberapa kepala negara atau delegasi yang membawa pesawat lebih dari satu bahkan hingga tiga pesawat.

Dia menyampaikan kapasitas parkir pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terbatas hanya bisa menampung maksimum 62 pesawat.

Dari jumlah tersebut, pihaknya menyiapkan 43 tempat parkir pesawat atau apron untuk kepala negara, sedangkan sisanya 19 apron untuk penerbangan komersial yang masih harus berjalan selama KTT G20.

Beberapa pesawat kepala negara atau delegasi akan disebar untuk parkir di bandara lain yang ditunjuk sebagai bandara pendukung G20.

"Kami siapkan 43 (tempat parkir pesawat) untuk parkir G20 di Ngurah Rai. Sisa 19 kami gunakan untuk penerbangan reguler komersial yang masih terus berlangsung selama pelaksanaan KTT G20," jelas dia. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Luhut Sebut Pelaksanaan G20 di Bali Tingkatkan PDB Rp 7,5 Triliun


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler