Tony De Gregorio, seorang pria yang 20 tahun bekerja sebagai petugas kebersihan di Melbourne, Australia, sudah tiga kali mencoba melakukan bunuh diri. Pasalnya, ia tidak sanggup lagi menanggung biaya hidup yang semakin mahal.

Tony De Gregorio dan istrinya tinggal di daerah Mill Park di pinggiran kota, dan membesar tiga orang anak mereka. Meski berat, kehidupannya berjalan normal sampai ia kehilangan pekerjaan tahun lalu.

BACA JUGA: Mengintip Kehidupan di Pulau Cocos di Tengah Samudra Hindia

"Sejak itu, saya kehilangan keinginan untuk hidup," kata Tony kepada ABC.

"Tagihan semakin menumpuk, hingga kami menerima surat peringatan hingga tiga kali. Akhirnya semua diputus," katanya.

BACA JUGA: Murid di Pedalaman Australia Harus Tempuh Jarak 85 KM ke Sekolah Terdekat

Ia mengaku sudah tidak sanggup lagi menanggung beban biaya hidup yang semakin mahal.

"Tiga kali saya mencoba mengakhiri hidup saya," kata Tony.

BACA JUGA: Australia Diperkirakan Alami Penurunan 40 Persen Investasi Tambang

Tanpa penghasilan, upaya Tony untuk meminta penundaan pembayaran tagihan menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

"Tidak ada yang mau percaya saya," katanya.

Di usianya yang sudah 55 tahun, Tony mengalami kesulitan untuk menemukan pekerjaan baru.

Kasus yang dialami Tony ini menjadi perhatian LSM Kildonan Uniting Care, yang menyebutnya sebagai contoh bagaimana tekanan hidup semakin memberat sebagai akibat dari kehilangan pekerjaan.

LSM ini menjalin kerjasama dengan pihak Swinburne University dan perusahaan penyedia jasa listrik, air dan gas melalui Program CareRing. Tujuannya, membantu 200 rumah tangga yang mengalami kondisi seperti dialami Tony.

Program yang pertama kali dijalankan di Australia ini, dimaksudkan untuk memfasilitasi rumah tangga yang kesulitan untuk mendapatkan kesempatan pengaturan ulang pembayaran tagihan.

Menurut Professor Jo Barraket dari Swinburne University program ini sangat inovatif karena melibatkan pertukaran informasi antara perusahaan penyedia jasa, LSM, dan pemerintah lokal.

Bagi Tony De Gregorio sendiri, peluang untuk menjadwalkan pembayaran tagihan-tagihan merupakan kesempatan untuk kembali mengontrol kehidupannya.

Kini, ia kembali kembali bekerja beberapa jam per minggu, dan setidaknya mampu menyisihkan beberapa dollar perminggu untuk membayar tagihan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suhu Panas Ekstrim Terpa Kawasan Longreach

Berita Terkait