Bibit: Sistem KPK Harus Diperbaiki

Kamis, 12 November 2009 – 14:33 WIB
JAKARTA- Wakil Ketua non-aktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit Samad Riyanto mengakui bahwa di internal KPK memang ada masalahMenurut Bibit, perlu ada perbaikan sistem di internal KPK karena ada peluang untuk disalahgunakan untuk kepentingan pribadi oknumnya yang tidak bertanggung jawab.

Pernyataan itu disampaikan Bibit, guna menanggapi pernyataan mantan Direktur Penyidikan KPK Brigjen (pol) Bambang Widaryatno di hadapan Tim 8 kemarin

BACA JUGA: Sibuk Rapat, Cueki KPK

Bambang menceritakan kepada Tim Pencari Fakta itu bahwa salah satu alasan penarikan dirinya dari KPK beberapa waktu lalu karena dirinya memilih keluar dari KPK


Bambang menyatakan memilih pindah dari KPK atas permintaan sendiri

BACA JUGA: Nasrudin Curhat ke Mertuanya

Alasannya, ada sistem di KPK yang sudah tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya dalam memberantas korupsi
Bambang mencontohkan indikasi penyalahgunaan wewenang oleh oknum pimpinan KPK dalam kasus Joko Chandra dan Tanjung Siapi-api.

Menanggapi hal itu, Bibit menegaskan bahwa KPK perlu dibenahi

BACA JUGA: BM PAN Merasa tak Tertarik

"Ya, sistemnya harus diperbaiki," ujar Bibit, di Bareskrim Mabes Polri, Kamis (12/11)Bibit menambahkan, permasalahan internal itu ada pada sistem operasional lembaga itu, yakni sistem yang memungkinkan terjadinya penyalahgunaan wewenang oleh oknum tertentu untuk kepentingan sendiri.

Bibit mengaku sudah melakukan perbaikanNamun belum selesai, dirinya keburu menjadi tersangka dan harus non-aktif dari jabatannya di KPK"Aku kan dari awal sudah perbaiki di sanaBelum selesai aja," ujarnya.

Ketika ditanya soal pernyataan Bambang Widaryatno yang menyebutkan sistem di KPK tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya, Bibit menjawab pendek"Ada yang bener ada yang gak," ujar Bibit.(zul/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gizi Buruk, Dua Bocah Tewas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler