Bicarakan Gencatan Senjata, Delegasi Israel Tiba di Kairo

Senin, 11 Agustus 2014 – 17:52 WIB
Serangan rudal Israel di Gaza. Foto: Getty Images

jpnn.com - KAIRO - Upaya damai di Jalur Gaza terus dilakukan. Harapan itu muncul setelah sebuah delegasi Israel telah  di Kairo untuk negosiasi langsung dengan faksi Palestina untuk membicarakan gencatan senjata selama satu bulan.

Seperti dilansir Al Jazeera, delegasi Israel mendarat di Kairo di pagi hari. Pembicaraan gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas itu dilakukan hanya beberapa jam setelah kesepakatan gencatan senjata 72 diberlakukan.

BACA JUGA: AS Kembali Serang ISIS, Inggris Kirim Bantuan

Sebelumnya, negosiator Palestina Saeb Erakat Veteran tiba di Kairo pada Minggu malam untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Mesir dan Liga Arab atas nama Presiden Mahmoud Abbas. Pada Senin hari ini, mereka sudah melakukan  pembicaraan dengan mediator intelijen Mesir.

Menteri Urusan Strategis Israel Yuval Steinitz mengatakan, hal yang bisa membuat gencatan senjata tercapai adalah pelucutan militan Gaza. Dia berharap diplomasi lebih didahulukan ketimbang adu kekuatan.

BACA JUGA: PM Netanyahu Tegaskan Israel Tolak Damai

"Saya tentu berharap bahwa akan ada solusi diplomatik. Jika tidak, cepat atau lambat kita harus memilih solusi militer mengambil kendali sementara Gaza untuk mendemilitarisasi lagi," kata Yuvak kepada Radio Israel. (abu/jpnn)

BACA JUGA: 40 Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di Iran

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempa 6 SR Guncang Prefektur Aomori


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler