Bielsa Lebih Tertarik Bilbao

Sabtu, 18 Juni 2011 – 10:03 WIB
Marcelo Bielsa
MADRID- Inter Milan harus melupakan rencananya menjadikan Marcelo Bielsa sebagai alternatif pelatih kalau Leonardo hengkang ke Paris Saint-Germain untuk jabatan direkturPasalnya, Bielsa justru merapat ke Athletic Bilbao.

Memang belum ada konfirmasi resmi dari Bilbao, tapi berdasarkan kabar yang dilansir ETB, Bielsa sudah menjalin kesepakatan dengan kandidat presiden Bilbao Juso Urrutia

BACA JUGA: Pedrosa Menuju Assen

Bila Urrutia menjadi presiden, maka Bielsa yang menjadi pelatih.

Pemilihan presiden Bilbao akan dihelat pada 7 Juli mendatang
Saat ini kekuasaan di Bilbao masih dipegang Presiden Fernando Garc-Macua dan duduk di kursi pelatih Joaqu Caparrang telah menduduki jabatannya sejak 2007.

Saat ini, kontrak baru Caparros belum ditawarkan lantaran terganggu masalah pemilihan presiden

BACA JUGA: Van Bronckhorst Unjuk Skill di GBK

Nah, itu menjadi kesempatan bagi Urrutia menggeser posisi Caparros dan memasang Bielsa sebagai pelatih
Prestasi Caparros tidak buruk-buruk amat, tapi Bielsa dinilia lebih hebat.

Sebelum dikaitkan dengan Bilbao, Bielsa yang pada Piala Dunia 2010 lalu membesut Chile, sempat berbicara melalui telepon dengan Presiden Inter Massimo Moratti

BACA JUGA: Dalglish Keluhkan Laga Internasional

El Nacion mengklaim, Moratti menawarkan jabatan pelatihNamun, Bielsa menolak tawaran ituDia lebih tertarik melatih di Spanyol. 

Sebelumnya, Bielsa pernah punya pengalaman melatih di Liga Primera Spanyol ketika membesut Espanyol pada 1998 laluItu adalah pengalaman pertama mengarsiteki klub EropaSelain itu, dia hanya melatih sejumlah klub di Amerika Selatan.

Dia juga pernah melatih timnas Argentina sebelum menangani Chile pada 2007-2011Sebagai pelatih, dia mampu membawa Argentina meraih medali emas Olimpiade 2004Selain itu juga mengantarkan Argentina menjadi runner-up Copa Amerika di tahun yang sama.

Di level klub, dua kali dia membawa Newell"s Old Boys menjadi juara di Argentina dan sekali menjadi finalis Copa Libertadores pada 1992Selanjutnya, dia juga mampu membawa Vz Sfield menjuarai Liga Clausura Argentina pada 1998.

Selaku pelatih, Bielsa adalah sosok yang fanatik dengan video rekaman pertandinganDia selalu mempelajari lawan-lawannya melalui rekamanDia juga selalu mengecek lapangan sebelum pertandingan untuk menentukan strategi apa yang akan digunakan(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penggunaan E-voting di Kongres Dipertanyakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler