Bikin Forum dan Dashat, PDIP Ingin Indonesia Berdaulat di Bidang Kesehatan

Kamis, 18 Juli 2024 – 15:24 WIB
PDI Perjuangan memperkenalkan Forum Kedaulatan Kesehatan dan Dashat ke publik di Jakarta, Kamis (18/7). Dokumen DPP PDI Perjuangan

jpnn.com - PDI Perjuangan membuat Forum Kedaulatan Kesehatan saat kader parpol berlambang Banteng moncong putih melaksanakan kegiatan internal di Jakarta, Kamis (18/7).

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan Ribka Tjitaning berharap forum yang dibuat parpolnya bisa bermanfaat bagi rakyat.

BACA JUGA: Said Abdullah PDIP Anggap Wajar Gibran bin Jokowi Meninggalkan Solo, Hmm....

"Forum ini bukan hanya untuk PDI Perjuangan, tetapi milik rakyat Indonesia," ujar Mbak Ning sapaan Ribka Tjiptaning saat Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis.

Dia menyebut Forum Kedaulatan Kesehatan menjadi wadah untuk semua elemen bangsa berkomunikasi dan membahas isu sektor kesehatan. 

BACA JUGA: Tindakan Dirlantas Polda Sulteng Kombes Dodi Darjanto Ini Dianggap Melecehkan Jurnalis

"Mari berdaulat di bidang kesehatan, supaya kesehatan Indonesia ini tidak diatur oleh negara lain. Kita harus bisa berdaulat sendiri di bidang kesehatan," lanjut Mbak Ning.

Selain membantuk forum, PDI Perjuangan dalam rapat internal pada Kamis ini juga membuat dan memperkenalkan dapur sehat anti-stunting (dashat).

BACA JUGA: Arief Poyuono Kaitkan Omongan Prabowo soal Kereta Cepat dengan Utang Negara

Mbak Ning menyebut isu tengkes atau stunting menjadi perhatian besar Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sehingga parpol berkelir merah membuat dashat.

"Stunting itu menjadi perhatian PDI Perjuangan. Itulah kenapa Ibu Megawati selalu bicara stunting," ujar wanita yang bergelar dokter itu.

Mbak Ning mengatakan permasalahan kesehatan sangat kompleks dan tidak bisa diserahkan hanya ke dokter dan tenaga kesehatan.

Semua elemen bangsa, kata dia, perlu memiliki perhatian di sektor kesehatan. Seperti urusan pengadaan obat bagi dalam negeri.

"Kita harus mulai melirik dan meninggalkan obat itu dari budaya barat, kita mulai mandiri. Masa kita sudah merdeka sekian puluh tahun Paracetamol saja masih impor," kata Mbak Ning.

Dia mengatakan perlu edukasi dan sosialisasi di bidang kesehatan misalnya dalam pendampingan pasien serta tagihan pengobatan yang tanpa penjelasan yang cukup. 

Belum lagi, kata Mbak Ning, peristiwa pasien ditolak RSUD yang notabene mendapat anggaran dari negara. 

"RSUD yang didanai oleh negara, tetapi justru penolakan-penolakan pasien yang terjadi di RSUD-RSUD yang dapat anggaran dari Negara," kata Ribka.

Berbagai problematik di bidang kesehatan itulah yang akan menjadi pembahasan di Forum Kedaulatan Kesehatan.

Terkait gagasan meluncurkan forum tersebut, Hasto menyambut positif. Terlebih lagi, PDI Perjuangan melengkapi dengan membentuk dashat.

"Gagasan forum itu sangat baik, apalagi bikin dapur sehat. Kami bergerak di bidang kesehatan dengan kekuatan kami," katanya, Kamis.

Adapun, Megawati mengikuti agenda internal PDI Perjuangan pada Kamis ini secara daring, sedangkan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP Wiryanti Sukamdani dan Wasekjen PDIP Yuke Yurike hadir secara langsung. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler