Bisa Jadi Ini Sebab Jokowi Mencicil Pengumuman Nama Cawapres

Jumat, 20 Juli 2018 – 20:10 WIB
Presiden Joko Widodo dan Gubernur NTB M Zainul Majdi dalam vlog tentang Pantai Mandalika di Lombok. Foto: Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Joko Widodo memainkan jurus yang cukup efektif untuk menyimak pendapat publik tentang nama bakal calon wakil presiden (cawapres) akan mendampinginya di Pilpres 2019. Menurut Ujang, cara Jokowi mencicil pengumuman nama bakal cawapresnya merupakan strategi jitu dalam komunikasi politik.

"Saya kira tujuannya untuk melihat respons masyarakat Indonesia. Langkah ini sangat menguntungkan  ditinjau dari komunikasi politik," ujar Ujang kepada JPNN, Jumat (20/7).

BACA JUGA: Fahri Sebut Jokowi Bingung dan Ogah Jadi Petugas Partai Lagi

Sebelumnya Jokowi menyebut sejumlah nama bakal cawapresnya. Nama yang pertama disebut adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Selanjutnya, Jokowi membeber satu per satu nama bakal cawapres yang dikantonginya. Antara lain Gubernur NTB M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Moh Mahfud MD.

BACA JUGA: PKS Disarankan Tak Ikut Bertarung di Pilpres

Ujang mengatakan, Jokowi sangat paham memainkan irama. Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia itu menyebut cara Jokowi mengumumkan nama-nama bakal cawapres dalam timing yang berbeda akan memantik pembicaraan di ruang publik.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review itu menambahkan, pertarungan merebut ruang publik merupakan kunci utama memenangkan sebuah kontestasi. Pada akhirnya, kata Ujang, publik juga akan menilai tokoh terbaik yang pantas mendampingi mantan wali kota Surakarta itu di Pilpres 2019.

BACA JUGA: Baradatu: Alex Noerdin Pantas jadi Cawapres

"Saya kira, ketika nama-nama itu tiap waktu menjadi bahan pemberitaan, apalagi pembicaraan yang positif, hasilnya pasti sangat baik," ucapnya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kubu Jokowi Sulit Pilih Cawapres, JK Maju Lagi?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler