Bisnis Pejantan Tangguh, Tarif Cukup Rp 60 Ribu

Senin, 18 September 2017 – 00:05 WIB
Nur Kholis saat memegang kambing Peranakan Etawa miliknya. Foto: MEIDIAN DONA DONI/RADAR TULUNGAGUNG

jpnn.com - Nur Kholis menekuni bisnis pejantan tangguh. Warga Dusun Setono Kalong, Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jatim itu, buka jasa mengawinkan kambing secara langsung. Yaitu kambing pejantan dibawa ke kambing betina untuk dibuahi secara alami.

MEIDIAN DONA DONI-Tulungagung

BACA JUGA: Perangi Buta Aksara, Ubah Gang Setan jadi Gang Santun

Suasana desa sangat kental di Desa Bendiljati, Kecamatan Sumbergempol. Banyak pohon-pohon besar di sisi jalan.

Dan rerumputan tumbuh segar di bawah pohon-pohon. Kiri dan kanan jalan terlihat gubuk-gubuk kandang kambing dan sapi. Warga desa ini tampaknya banyak yang menjadi peternak.

BACA JUGA: Kelola Jembatan Pribadi Antarprovinsi, Per Hari Rp 100 Ribu

Setelah melewati jalan yang belum selesai dan berdebu. Tiba lah di sebuah rumah besar dan halaman luas.

Ketika Radar Tulungagung (Jawa Pos Group) mencari pemilik rumah ini datanglah seorang pria paruh baya memakai kaus oblong dan bercelana pendek.

BACA JUGA: Tradisi Merawat Mayat di Toraja, Baju Diganti, Kopi Ditaruh

Pria tersebut adalah Nur Kholis. Dia mengatakan, dirinya punya usaha jasa kawinkan kambing.

Seseorang peternak kambing yang menginginkan kambingnya memiliki peranakan bagus pasti datang meminta bantuan darinya. Dia akan mencarikan bibit unggul dari pejantan tangguh seperti konsumen inginkan.

“Namun saya berbeda saya membawa kambing pejantan milik saya untuk saya bawa ke kambing betina di rumah pemesan. Dan pembuahan secara alami yaitu kambing dibiarkan kawin sendiri,” ungkap pria 52 tahun tersebut.

Menurut dia, sistem pengawinan kambing secara langsung ini mempunyai kelebihan dibanding sistem suntik.

Pada sistem suntik sering terjadi kegagalan disebabkan sel sperma mati terlebih dahulu sebelum disuntikkan. Sebab disimpan terlebih dulu di tabung dalam jangka waktu cukup lama.

Selain itu rahim kambing lebih kecil, sehingga jika petugas kurang ahli suntikan akan meleset dan tak terjadi pembuahan.

“Saya rata-rata sehari ada sekitar enam kambing yang minta untuk dikawinkan. Saya tinggal bawa kambing-kambing saya menggunakan pikap ke rumah pemesan,” ujar suami Siti Fatimah tersebut.

Saat ini dia mengaku memiliki 13 ekor kambing pejantan. Kambing-kambing tersebut ada yang Peranakan Etawa (PE), kambing hitam putih, dan kambing Jawa merah.

Pemilik tinggal memilih jenis kambing mana yang diinginkan dengan memesan melalui pesan singkat atau telepon.

Sedangkan, harga pengawinan per ekor kambing Rp 50 ribu – Rp 60 ribu tergantung bibit kambing yang diminta.

“Tapi saat ini sudah agak sepi pesanan. Kalau dulu awal buka bisnis ini saya punya 40 kambing indukan unggul. Banyak pesanan hingga bisa buat membangun rumah dan beli mobil,” kata Ayah dari Khorul Rosidah.

Untuk perawatan kambing pejantan juga mudah. Sebab kambing-kambing ini hampir segala jenis makanan dimakan.

Makanan utama kambing-kambing ini cukup diberi sentrat dicampur kulit ari dari selipan kacang dan kedelai.

Sedangkan suplemen tambahannya adalah vitamin B kompleks dan mineral dari toko peternakan.

Sedangkan kesulitan yang kerap dia alami adalah kegagalan dari proses pengawinan. Kebanyakan disebabkan peternak tidak tahu kalau kambingnya tidak sedang birahi.

Sehingga tak terjadi pembuahan karena sel telur tak dilepaskan. “Biasanya saya suruh peternak memberi makan kambingnya dengan capar yang kecil-kecil dulu baru menghubungi saya. Biar kambing betinanya siap kawin,” jelas pria yang sebelumnya bekerja sebagai perajin mebel.

Saat ini dia melayani di wilayah hampir seluruh Tulungagung. Di antaranya area Rejotangan, Kalidawir, Campurdarat, dan yang terjauh di Ngantru.

“Dulu pernah sampai luar kota. Sekarang sudah banyak yang ikut-ikut. Sebab usaha ini banyak untungnya karena jenisnya jasa tidak ada barang yang hilang,” katanya. (and)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penangkaran Kenari, Datangkan Pejantan Tangguh dari Eropa


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler