Bitcoin Pizza Day Bakal Berpengaruh Terhadap Harga?

Sabtu, 20 Mei 2023 – 03:23 WIB
Bitcoin Pizza Day. Foto dok Indodax

jpnn.com, JAKARTA - Bitcoin mengalami sejarah yang cukup unik berkenaan dengan pembelian Pizza. CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan Bitcoin pertama kali ditransaksikan ditukarkan dengan Pizza pada 2008.

Oscar menambahkan, saat itu Miner dan programmer Bitcoin yang berasal dari Florida bernama Laszlo Hanyecz berpikir untuk menukar 10.000 BTC nya dengan pizza.

BACA JUGA: Buktikan Aman dan Terpercaya, Indodax Lakukan Proof of Reserve

Laszlo pun mengiklankan hal tersebut di forum Bitcointalk untuk membeli dua pizza dengan imbalan 10.000 Bitcoin.

Tawaran tersebut pun diterima oleh seseorang dan dengan cepat orang tersebut mengirimkan dua pak pizza Papa John ke Laszlo dan mendapatkan 10.000 BTC.

BACA JUGA: Bitcoin Naik Lebih dari 60%, CEO Indodax Beri Tips Jitu Berinvestasi

Semenjak adanya transaksi itulah setiap 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day oleh para komunitas kripto.

Lalu apakah Bitcoin Pizza Day akan menaikkan harga?

BACA JUGA: Bantu Cukupi Stok Darah PMI, Pegadaian Gelar Kegiatan Donor Darah

Oscar mengungkapkan jika Bitcoin Pizza Day belum tentu menaikkan harga Bitcoin. Karena penentu sebenarnya adalah harga market yang berdasarkan supply dan demand.

"Beberapa orang bertanya apakah Bitcoin Pizza Day akan menaikkan harga Bitcoin ke depan? Jawabannya bisa ya ataupun tidak. Harga Bitcoin dan kripto lainnya tergantung pasar. Jika Bitcoin memiliki pergerakan yang masif seperti adopsi Bitcoin oleh suatu institusi ataupun pembelian Bitcoin oleh orang terkemuka kurang lebih akan menginfluence banyak orang untuk membeli Bitcoin," jelas Oscar.

Namun jika dilihat dari segi historikal nya, di tahun lalu, Bitcoin sempat mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari 22 Mei 2022-31 Mei 2022.

Jika dilihat tahun ini, harga Bitcoin kemungkinan besar masih akan mengalami kenaikan tipis. Namun, bukan berarti ini dipengaruhi oleh momen Bitcoin Pizza Day.

“Jadi, trader dan investor perlu berhati-hati dan melakukan riset mendalam soal momen-momen penting Bitcoin,” tuturnya.

Menurutnya, Bitcoin Halving day yang akan terjadi pada tahun depan adalah momen penting yang akan menaikkan harga, karena semakin terbatasnya supply atau pasokan Bitcoin di mining zone.

“Tetapi, tetap harus hati-hati melihat momen halving day. Karena yang terpenting adalah menajemen keuangannya. Jika, manajemen keuangan sudah baik, seorang investor atau trader pun bisa mendapatkan keuntungan, bahkan saat harga Bitcoin turun," serunya.

Sebagai crypto exchange terbesar dan terpercaya, Indodax selalu berkomitmen untuk melayani customer lebih baik lagi setiap harinya dengan menghadirkan layanan customer service 24/7.

Indodax juga memiliki counter offline yang bisa dipakai oleh para member untuk berkonsultasi yang berada di pusat bisnis Sudirman, DKI Jakarta dan Seminyak, Bali.

Di Indodax, Bitcoin dan aset kripto lainnya bisa dimiliki oleh siapa saja dengan mudah dan aman dengan mulai dari harga Rp 10 ribu saja.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler