BitHealth Siapkan Solusi Teknologi Digital Bagi Rumah Sakit

Jumat, 15 Juli 2022 – 22:25 WIB
Chief Operating Officer BitHealth, Timur Bawono, saat menjadi salah satu pembicara dalam Digitalise Healthcare Indonesia. Foto dokumentasi BitHealth

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi makin menyadarkan masyarakat dan industri akan pentingnya peran teknologi digital dalam aktivitasnya. Salah satunya bidang kesehatan.

Chief Operating Officer BitHealth Timur Bawono mengatakan pandemi Covid-19 membuat para pelaku industri kesehatan memahami pentingnya sistem pendukung teknologi dalam proses manajerial rumah sakit.

BACA JUGA: Industri Kesehatan Tumbuh, Argon Group Ekspansi ke Kamboja

Dia menyebutkan hanya beberapa perusahaan teknologi  yang mampu memberikan layanan sistem pendukung tersebut secara terintegrasi dan terpercaya.

Seperti dilakukan BitHealth yang menjadi mitra teknologi kesehatan digital resmi pertama dari Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) di Indonesia. 

BACA JUGA: Kepada Amerika, Jokowi Sampaikan Keinginan Terlibat di Industri Kesehatan

“Dengan kemajuan teknologi digital yang begitu cepat, para pelaku industri rumah sakit yang umumnya tidak memiliki background IT tidak perlu khawatir karena kami bisa membantu mewujudkan transformasi digital,” kata Timur Bawono dalam kegiatan Digitalise Healthcare Indonesia baru-baru ini. 

Hingga saat ini, BitHealth sudah bekerja sama dengan satu grup rumah sakit besar yang memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia dan rumah sakit lainnya di daerah Tangerang.

BACA JUGA: Menkes Budi Dorong Percepatan Transformasi Teknologi Kesehatan

“Salah satu tujuan kami sebagai mitra teknologi resmi HIMSS dan menyediakan solusi teknologi yang dibutuhkan,” kata Timur Bawono.

Timur menambahkan, BitHealth memulai bisnis layanan solusi digital di industri healthcare sejak 2020 dengan membantu proses transformasi digital salah satu jaringan rumah sakit besar di Indonesia.

“Rumah sakit itu memulai transformasi digital dengan mengimplementasikan sistem informasi rumah sakit yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan sistem janji temu pasien dan sistem keuangan,” kata Timur Bawono.

Pada tahap digitalisasi berikutnya, mereka mengimplementasikan EMR, teleconsultation system, human resource system, TeleHealth, Patient Portal, Automation Process, Tata Kelola Klinik para dokter, CPOE, dan penggunaan data analitik dan AI atau kecerdasan buatan.

Beberapa solusi yang diterapkan antara lain, Pillar Data dan AI dengan solusi Data Warehouse Development dan Maintenance, Data Analytics dan Visualization, serta AI (Artificial Intelligent). 

Kemudian, Digital and Experience dengan solusi antara lain Nurse & Patient Portal, Master Data Management, Human Capital Management System, Document Management System dan Robotic Processing Automation, Digital Host-to-Host Claim Management System, serta Wellness & Community Apps.

“Semua solusi ini telah sukses kami implementasikan di klien rumah sakit kami. Terbukti meningkatkan pelayanan kepada pasien sekaligus meningkatkan efektifitas dan efisiensi,” kata Timur Bawono. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler