BJB Sekuritas Bidik Potensi Investasi Pasar Modal di Jabar

Jumat, 30 Juli 2021 – 20:23 WIB
Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bjb Sekuritas memfasilitasi tingginya antusiasme masyarakat Jawa Barat dalam berinvestasi di pasar modal. Ilustrasi: Bank BJB

jpnn.com, BANDUNG - Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bjb Sekuritas memfasilitasi antusiasme masyarakat Jawa Barat dalam berinvestasi di pasar modal.

Hal itu tercermin dari jumlah investor di Jawa Barat yang terus meningkat setiap tahunnya.

BACA JUGA: Kredit Bank BJB Tumbuh 6,8 Persen Pada Triwulan II 2021

bjb Sekuritas juga terus melebarkan sayap dengan menggaet calon-calon investor potensial.

"Pada semester I 2021 ini, pertumbuhan jumlah investor di Jawa Barat meningkat hingg 177 ribu orang. Potensi tersebut masih dapat dikembangkan," ungkap Yuddy dalam talkshow Closing Bell yang disiarkan secara daring di CNBC Indonesia, Jumat (30/7).

BACA JUGA: Kuartal II Tahun Ini Laba Bank bjb Tumbuh 14,4 Persen

Yuddy menyebutkan setidaknya terdapat lebih dari 430 ribu masyarakat Jawa Barat yang telah berinvestasi di pasar modal.

Namun, Perusahaan Efek Daerah (PED) pertama di Indonesia menilai angka itu masih dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan ekosistem yang telah dimiliki bank bjb.

BACA JUGA: Gencarkan Transaksi Nontunai, Bank bjb Gelar Serbu Pasar Tanah Abang

"ASN di Jawa Barat ada sekitar 400 ribu orang, ekosistem ini dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan literasi investasi di Jawa Barat khususnya pasar modal melalui bjb Sekuritas. Hal ini penting untuk menopang pertumbuhan pasar modal ke depannya," ungkap Yuddy.

Menurut Yuddy, fokus bjb Sekuritas ialah mendorong investasi daerah sehingga dapat membantu mengembangkan perekonomian Jawa Barat.

"Cara kerjanya unik. PED hanya beroperasi dalam satu daerah saja. Sebagai PED di Jawa Barat, bisnis kami berorientasi pada pengembangan daerah. Investor pun khusus bagi mereka yang memiliki KTP Jawa Barat," ungkapnya.

Yuddy menjelaskan untuk menopang masa awal operasionalnya, bjb menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai AB Sponsor.

Selain itu, bjb Sekuritas juga akan menggandeng 28 pemerintah daerah baik Provinsi Jawa Barat maupun 27 kota/kabupaten di Jawa Barat sebagai mitra.

"Di tahap pertama ini tentu kami tidak dapat berdiri sendiri, kami bermitra dengan AB Sponsor dalam hal ini Mandiri Sekuritas, sebuah sekuritas yang bonafide dan kredibel untuk membantu bjb Sekuritas melakukan penetrasi dan akuisisi para investor di Jawa Barat," ungkapnya.

Yuddy pun akan melakukan evaluasi terhadap kinerja bjb Sekuritas di masa awal operasionalnya.

Bila antusiasme publik terpantau tinggi, lanjut Yuddy, maka langkah selanjutnya ialah mendirikan bjb Sekuritas untuk wilayah lainnya seperti Banten.

"Kami fokus dulu di Jawa Barat, baru nanti akan evaluasi di tahun depan. Hal ini akan terus berlanjut apabila antusiasme publiknya terpantau baik," ungkap Yuddy. (jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler