BNPB Himbau Masyarakat Waspadai Puting Beliung

Rabu, 23 Oktober 2013 – 19:44 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ancaman bencana puting beliung di beberapa wilayah Indonesia terus meningkat. Terlebih saat musim pancaroba seperti saat ini. Karena itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Berdasarkan catatan BNPB, dalam seminggu terakhir puting beliung menerjang beberapa daerah seperti di Kabupaten Grobogan, Bandung Barat, Sukabumi, Tasikmalaya, Cianjur, Banyumas, Melawi, Jember, Garut, hingga Semarang.

BACA JUGA: Eksistensi PPI tak Terpengaruh Penahanan Anas

"Puluhan orang luka dan ratusan rumah mengalami kerusakan akibat puting beliung," kata Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu (23/10).
 
Data terbaru, bencana puting beliung melanda Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan Pandeglang Banten, Selasa (22/10) kemarin. Di Bandung, puting beliung terjadi di Kecamatan Ciparay pukul 16.45 Wib dan di Kec Cimenyan pada pukul 16.24 wib. Tercatat 1 orang luka bera, 10 rumah rusak berat, 69 rumah rusak sedang, dan 118 rumah rusak ringan.

Sedangkan puting beliung di Kecamatan Banjar, Pandeglang melanda 5 desa. Dilaporkan 6 orang luka-luka patah tulang karena tertimpa bangunan dan pohon. Juga menimbulkan 7 rumah rusak berat dan 114 rumah rusak ringan.
 
Menurutnya, BPBD Bandung dan Pandeglang telah melakukan penanganan darurat. Korban luka-luka telah dibawa ke rumah sakit. BPBD telah mendata kerusakan rumah, mendistribusikan laogistik dan memotong pohon tumbang bersama unsur terkait dan masyarakat.
 
Karena itulah masyarakat dihimbau untuk selalu waspada ancaman puting beliung. Apalagi teknologi sistem peringatan dini puting beliung hingga saat ini belum ada, meskipun luas daerah yang terdampak tidak terlalu luas.

BACA JUGA: Misbakhun Siap Bersaksi di Persidangan @benhan

"Rata-rata puting beliung berdampak sekitar radius 2 kilometer persegi dan waktu kejadian kurang dari 10 menit," pungkas Sutopo.(Fat/jpnn)

 

BACA JUGA: Anas dan PPI Tak Mungkin Ganggu Demokrat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengacara Tegaskan Kekayaan Adik Atut Bukan Hasil Korupsi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler