Bobby Menantu Jokowi Terbukti Melanggar Kode Etik, Tidak Pantas Jadi Kader PDIP

Selasa, 14 November 2023 – 12:37 WIB
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo bersama dengan Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - DPC PDI Perjuangan Kota Medan memutuskan Bobby Nasution melanggar kode etik dan disiplin anggota partai.

Hal itu seperti tertuang dalam surat keputusan bernomor 217/IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023 yang ditandatangani Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim tertanggal 10 November 2023.

BACA JUGA: Bobby Nasution Soal Belum Kembalikan KTA ke PDIP: Masih Cari Tanggal Cantik

"Terbukti melakukan tindakan pelanggaran kode etik dan disiplin anggota partai," kata DPC PDIP Kota Medan seperti tertulis dalam surat pernyataan yang diungkapkan Selasa (14/11).

DPC PDIP Kota Medan menyebutkan pelanggaran itu berawal dari status Bobby yang juga menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendukung bakal capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

BACA JUGA: Bobby Nasution Dukung Prabowo-Gibran, Ganjar: Tidak Apa-apa, Silakan

"Tidak mematuhi peraturan dan keputusan partai karena mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung oleh partai politik lain," kata DPC PDIP Kota Medan.

Diketahui, KIM ialah poros politik yang terdiri dari Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, dan PSI dengan mendukung Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal capres-cawapres.

BACA JUGA: Dukung Prabowo-Gibran, Bobby Nasution: Mudah-mudahan Aman Itu Barang

PDI Perjuangan di sisi lain bersama PPP, Hanura, dan Perindo mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai bakal capres-cawapres.

DPC PDIP Kota Medan memiliki bukti berupa dokumentasi dari media saat Bobby mendeklarasikan dukungan bagi kandidat dari KIM.

DPP PDIP sebenarnya telah meminta klarifikasi pada 4 November 2023 kepada Bobby soal pernyataan dukungan Wali Kota Medan itu kepada Prabowo-Gibran.

Bobby tidak menampik mendukung kandidat dari poros KIM itu dan diminta dalam tiga hari setelah klarifikasi mengundurkan diri dari keanggotaan PDI Perjuangan sekaligus mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA).

"Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan," tulis DPC PDIP Kota Medan.

Adapun, deklarasi dari Bobby membuat pria kelahiran Medan itu itu tidak memenuhi syarat sebagai kader PDIP untuk patuh terhadap kebijakan partai untuk mendukung Ganjar-Mahfud.

"Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," katanya. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Barisan Pengusaha Pejuang Diketuai Bobby Nasution Dukung Prabowo-Gibran


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler