Bobby Nasution: Tawuran dan Narkoba Harus Kita Perangi Bersama

Minggu, 21 Agustus 2022 – 07:01 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution turun langsung untuk menyerap aspirasi masyarakat di Belawan (ANTARA/HO)

jpnn.com - MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak semua pihak untuk bersama-sama memerangi tawuran dan narkoba. 

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyatakan memerangi narkoba tidak cukup apabila hanya dilakukan TNI dan Polri, melainkan membutuhkan peran serta masyarakat.

BACA JUGA: Bobby Nasution Minta Tenaga Kesehatan RSUD dr Pirngadi Medan Beri Pelayanan Terbaik

"Harus kita sepakati, tawuran dan narkoba harus kita perangi bersama. Sebab, mengatasinya tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah maupun aparat TNI dan Polri semata, warga harus ikut mendukung," kata dia di Medan, Sabtu (20/8).

Bobby menyatakan itu saat  terjun langsung menyerap aspirasi masyarakat melalui program "Sapa Lingkungan" di Kantor Camat Medan Belawan.

BACA JUGA: Di Depan Bobby, Hasto Sampaikan Sikap Politik PDIP untuk Pilpres, Apa Itu?

Bobby menyebutkan ada beberapa permasalahan dan keluhan yang disampaikan warga, seperti tawuran, narkoba, dan banjir.

Dia menyatakan untuk mengantisipasi tawuran, kata dia, tidak bisa hanya dari jajaran Kecamatan Medan Belawan, Polres Belawan, dan Yormarhanlan I Belawan yang melakukan penjagaan. 

BACA JUGA: Hasto kepada Bobby Nasution: UMKM Medan Harus Naik Kelas

Akan tetapi, masyarakat juga harus ikut mengawasi karena tawuran bisa terjadi siang atau malam hari.

Untuk penanganan narkoba, Pemkot Medan hanya bisa mengedukasi dan melakukan tindakan preventif dengan mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan barang haram itu.

"Di samping itu anak yang terlibat narkoba kami dorong untuk menekuni dunia usaha dengan memberi pelatihan, bantuan modal dan mendaftarkan usahanya nanti di E-Katalog Pemkot Medan dan Pemkot Medan menjadi pasarnya," jelasnya.

Selain itu, tambah dia, masyarakat juga harus membantu Polres Belawan dengan memberikan informasi dan data detail soal penyalahgunaan narkoba yang ada di wilayahnya. 

Dengan demikian, begitu mendapat laporan, Polres Belawan cepat bergerak ke lokasi. "Masifkan ini terus-menerus," tegasnya.

Persoalan banjir, Bobby mengatakan, pembahasannya terlalu teknis sehingga tidak cukup waktu untuk membahasnya.

"Nanti kami bahas setelah saya berkantor di sini (Medan Belawan, red.)," kata Bobby Nasution.

Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat mengungkapkan petugas polres maupun polsek setiap malam melakukan patroli guna mencegah terjadinya tawuran, bahkan ada yang sampai tidur di rumah warga bersama Camat Medan Belawan.

"Malah kami sampai dilempari, tetapi kami tetap istikamah," katanya.

Mengenai narkoba, ungkapnya, setiap Minggu dua kali menggerebek kampung narkoba. 

Namun, penggerebekan tidak mungkin hanya dilakukan di Kecamatan Medan Belawan, karena ada empat kecamatan di wilayah Polres Belawan dan dua kecamatan di wilayah Deliserdang.

"Penggerebekan akan terus kami tingkatkan. Setidaknya mereka resah berbisnis di tempat kita kalau tiap hari didatangi. Mudah-mudahan narkoba bisa segera kita atasi. Tentunya tidak terlepas dari peran semua," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler