Bogor Siapkan Parkir Meter

Minggu, 08 Maret 2015 – 09:57 WIB
ilustrasi parkir

jpnn.com - BOGOR –Bukannya mematangkan rerouting angkot, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor justru berencana menerapkan sistem parkir meter. Sistem itu akan diterapkan di sejumlah ruas jalan di Kota Hujan.

 

“Rencananya. Tapi ini baru sebatas wacana. Masih banyak aspek yang perlu dikaji dan dipersiapkan untuk menerapkan sistem ini, " ujar Kepala DLLAJ Kota Bogor Achsin Prasetyo pada Radar Bogor (JPNN Group).

BACA JUGA: Bundaran HI Terpecah Massa Pro dan Kontra Ahok

Wacana itu muncul setelah ada pihak ketiga yang berminat dan ingin mengelola penataan lahan parkir di Kota Bogor. Pihak swasta itu sudah menyampaikan proposal dan mempresentasikan sistem parkir meter tersebut. “Pihak ketiga itu juga sudah menggarap sistem parkir meter di Jakarta dan Bandung,” katanya.

BACA JUGA: Politikus PDIP Dorong BIN Usut Omongan Haji Lulung

DLLAJ kini mempertimbangkan aspek yuridis, keuntungan dan tenaga kerja. Juga seberapa besar peluang dan kemungkinan sistem itu dapat diterapkan di Kota Bogor. Selain kesiapan dari sisi hukum, DLLAJ juga mempertimbangkan kesiapan sumber daya manusia yang profesional.

"Apakah jika sistem parkir meter diterapkan, mereka masih bisa tetap mempekerjakan juru pakir yang saat ini sudah bekerja," katanya.

BACA JUGA: #SaveHajiLulung Bisa Memperkeruh Suasana

Langkah DLLAJ itu ditolak Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Menurutnya, secara subtansi, badan jalan tidak boleh digunakan untuk parkir. Terlebih pada ruas-ruas protokol.

“Kalau badan jalan digunakan sebagai lahan parkir dengan sistem meter, akan menggangggu lalu lintas. Malah tambah macet,” tegasnya.

Karenanya Usmar meminta DLLAJ tetap fokus pada program-program yang sedang berjalan. “Jika pengendara parkir sembarangan, lakukan penggembokan, " katanya. (mer/c/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yuddy Minta Hunian di Kota Depok Tiru Singapura


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler