Bolehkah Menyimpan Daging Kurban Dalam Waktu Lama? Ini Kata Syeikh Ahmad Al Misri

Senin, 11 Juli 2022 – 11:27 WIB
Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri dalam talkshow bertajuk 'Menebar Kebaikan Lokal Bersama Moorlife'. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, SERPONG - Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri menyampaikan banyak umat Islam bertanya soal hukum menyimpan daging kurban dalam waktu panjang.

Pertanyaan ini sering muncul, karena ada anggapan bahwa daging kurban dilarang disimpan lebih dari tiga hari.

BACA JUGA: Bolehkah Membagikan Daging Kurban kepada Keluarga Sendiri? Simak Hukumnya

Nah, dalam talkshow bertajuk 'Menebar Kebaikan Lokal Bersama Moorlife' Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri mengupas tuntas soal hukum berkurban.

Menurut Syeikh Ahmad, menyimpan daging kurban selama tiga hari ada riwayatnya. Dahulu, Nabi Muhammad SAW mengeluarkan sabda itu karena ada kejadian kedatangan tamu dari keluarga tidak mampu.

BACA JUGA: 4 Trik Jitu Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama, Silakan Dicoba Bun

"Nabi Muhammad kemudian meminta agar para sahabat yang berkurban jangan menyimpan daging lebih dari tiga hari, tetapi segera bagikan kepada orang tidak mampu," kata Syeikh Ahmad dalam acara yang dirangkaikan dengan pemotongan hewan kurban serentak di 37 provinsi pada hari raya Iduladha, Minggu (10/7).

Seiring berjalannya waktu, ketika makin banyak yang berkurban, lanjutnya, daging kurban ini diperbolehkan untuk disimpan lama.

BACA JUGA: 5 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk dan Tidak Berbau, Baca Nomor 3

Dengan catatan, jumlah daging yang disimpan sesuai kebutuhan. Jangan sampai yang disimpan lebih banyak daripada dibagikan kepada fakir miskin.

"Jangan sampai dagingnya itu disimpan hingga ketemu Iduladha tahun berikutnya karena saking banyaknya dan tidak bisa habis dimakan sendiri," ujarnya.

Syeikh Ahmad juga memberikan apresiasi kepada Moorlife yang menggelar pemotongan hewan kurban serentak di hari raya Iduladha.

Menariknya, saat pembagian daging kurban, tidak dimasukkan dalam kantong plastik, tetapi wadah khusus pangan.

Menurut Nurlaila Hidayaty, Direktur Marketing Moorlife Indonesia, sengaja memberikan wadah khusus tersebut agar daging kurban bisa tahan lama saat disimpan dalam freezer.

"Kami punya produk khusus penyimpanan bahan makanan dalam kulkas untuk fridge dan freezer. Jadi, daging kurbannya akan lebih awet dan tetap segar," ujarnya 

Nurlaila memberikan tips cara menyimpan daging kurban agar tetap segar. Daging kurban dipotong-potong sesuai porsi yang akan dimasak.

Kemudian masukkan ke dalam wadah Moorlife. Setelah itu disimpan di freezer. Ketika akan memasak, baru diambil sesuai jumlah berapa porsi yang dimasak.

"Daging yang sudah dikeluarkan dari freezer sebaiknya jangan dimasukkan kembali ke kulkas. Itu sebabnya daging yang disimpan dipotong-potong dahulu, misalnya 1/4 kg atau 1/2 kilo," terangnya.

Dia menambahkan, wadah Moorlife dibuat dari bahan-bahan berkualitas internasional berbahan food grade yang direkomendasikan FDA, Food and Drug Administration, BPA Free. Selain itu, produknya merupakan 100 persen asli karya putra-putri Indonesia.

Sementara itu, Hermanto Tanoko, President dan Founder Moorlife Indonesia menjelaskan, Iduladha merupakan momen tepat untuk berbagi kebaikan kepada sesama.

Untuk itu, pihaknya melakukan pemotongan hewan-hewan kurban yang dilakukan serentak pada hari raya Iduladha di 37 provinsi. 

"Hasil kurban tersebut langsung dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan," pungkas Hermanto Tanoko. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler