Borong Jualan Pedagang di Pasar Palapa Pekanbaru, Zulhas: Masa Sedekah Enggak Boleh?

Jumat, 15 September 2023 – 20:47 WIB
Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) saat kunjungan ke Pasar Palapa Pekanbaru, Riau pada Jumat (15/9/2023). Foto: Tim Media Zulhas

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memborong jualan pedagang di Pasar Palapa Pekanbaru, Riau di sela-sela kunjungan kerja ke provinsi itu, Jumat (15/9).

Setelah memborong beberapa produk yang dijual pedagang, menteri yang beken disapa dengan panggilan Zulhas lantas meminta si penjual membagikannya kepada ibu-ibu di pasar tersebut.

BACA JUGA: Kelakar Zulhas soal 12 Fokus Kebijakan KIM Bikin Prabowo Tertawa

Zulhas mengatakan aksinya itu sedekah biasa yang memang rutin dilakukan, sekaligus bentuk dukungan kepada para pedagang di pasar maupun pelaku UMKM.

"Ini saya beli ayam, ya, bukan bagi-bagi duit. Ini saya beli, nanti dibagikan ke orang-orang gratis," kata Zulhas kepada salah satu pedagang di Pasar Palapa, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (15/9).

BACA JUGA: Dahlan Iskan Memasuki Ruang 48 Gedung KPK, Ada yang Lucu

Menteri yang juga ketua umum PAN itu mengatakan kegiatan tersebut murni untuk membantu para pedagang dan tidak terkait dengan kegiatan kampanye apa pun.

Hal itu karena pada Pemilu 2024, Zulhas tidak lagi mencalonkan diri sebagai calon presiden maupun caleg DPR RI.

BACA JUGA: YLBHI Soroti PSN Rezim Jokowi, Kasus Pulau Rempang Satu Contoh

"Saya ini caleg bukan, capres bukan, masa sedekah enggak boleh?” ucap Zulhas.

Ketua MPR RI periode 2014-2019 itu menjelaskan kegiatannya itu bagian dari sedekah seperti yang amanahhkan iibundanya.

Menurut Zulhas, kegiatan tersebut sering dia lakukan di beberapa kesempatan, termasuk ketika kunjungan ke luar negeri.

"Ibu saya dulu bilang ‘Nak, kamu kalau makan, jangan makan sendiri saja, lihat sekitarmu, jangan sampai ada yang kelaparan. Kamu kalau lebih, berbagi, sedekah’. Itu pesan ibu saya,” tutur Zulhas.

Itu sebabnya Mendag Zulhas menjadikan sedekah sebagai kebiasaan, bahkan pernah dilakukannya saat kunjungan ke India.

"Sama kayak waktu di India juga. Masa kita ?melihat orang tergeletak, kita biarin. Manusia itu diciptakan paling mulia, jadi, jangan dibeda-bedakan. Kalau saya sedekah, ada yang enggak terima, enggak apa-apa," ujarnya.

Sebelumnya, Zulhas juga memborong dagangan pelaku UMKM saat menghadiri Senam Sehat Birukan Langit Pekanbaru bersama masyarakat di ibu kota Provinsi Riau itu.

Zulhas membeli berbagai makanan dan minuman yang dijajakan pelaku UMKM, mulai dari es cendol, tahu bulat, sate, bakso dan lainnya.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler