BP Batam Pastikan Dermaga Curah Kabil Selesai Maret

Kamis, 24 Januari 2019 – 23:58 WIB
Dermaga Curah Kabil. Foto ilustrasi: googlemaps/batampos

jpnn.com, BATAM - General Manager (GM) Komersil dan Pengembangan Usaha Kantor Pelabuhan BP Batam, Johan Effendy mengatakan pengembangan Dermaga Curah Kabil, Batam, Kepulauan Riau, akan selesai tahun ini.

Pelabuhan yang khusus melayani distribusi produk olahan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit ini akan dioperasikan mulai semester kedua 2019 nanti.

BACA JUGA: DPR: Wali Kota Batam Menjadi Ex-Officio Kepala BP Batam Tabrak Aturan

“Maret selesai. Pada semester kedua nanti mulai beroperasi,” kata Johan Effendy, Rabu (23/1/2019).

Pengembangan Dermaga Curah kabil yang lebih kurang seluas 10 Hektar ini dimaksudkan untuk melayani lalu lintas dan bongkar muat CPO.

BACA JUGA: Bamsoet Ingatkan Potensi Pelanggaran UU Terkait BP Batam

Pertama, pembangunan dermaga utama dengan panjang 273,6 meter, lebar 33 meter dengan kapasitas kapal 35.000 DWT, kedalaman alur kolam dermaga 12 mdpl.

Kedua, pembangunan sarana pontoon atau dermaga wharf sepanjang 101 meter dengan kedalaman kolam 6 mdpl. Ketiga mempercepat waktu sandar dan bongkar muat operasional pelabuhan. Total dana APBN proyek multi tahunan sejak 2016 ini sekitar Rp 208 miliar.

BACA JUGA: Pengamat: Peleburan Kepemimpinan BP Batam Salah Kaprah

Berbeda dengan pelabuhan lainnya, Dermaga Curah Kabil memiliki jaringan pipa yang terhubung langsung dengan pabrik-pabrik penyulingan CPO di Batam seperti Ecogreen, Musim Mas dan lain-lain.

“Sehingga tidak ada lagi pengangkatan pakai truk. Untuk bahan bakar pesawat, Avtur juga diangkut dari Kabil ke bandara lewat pipa,” ucapnya.

Selain itu, BP akan menambah sejumlah gantry crane di pelabuhan ini. Pembangunan ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat akselerasi kebutuhan produksi dan operasional para pengguna jasa.

Pembangunan dermaga dianggap dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik-pabrik sehingga menjadikan Batam sebagai pintu gerbang pelabuhan internasional.

“Mudah-mudahan kedepan sesuai masterplan dapat melayani dan meningkatkan seluruh kegiatan ekspor dan impor,” ungkapnya. (leo)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepala BP Batam Siapkan Aturan Main Bagi Ex-Officio


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler