BPIP Rintis Desa Pengaradan Berdikari melalui Penyelarasan Raperdes

Selasa, 12 April 2022 – 16:40 WIB
BPIP melakukan kunjungan kerja ke desa Pengaradan, Brebes, Jawa Tengah. dok: BPIP

jpnn.com, BREBES - Direktorat Analisis dan Penyelarasan, Kedeputian Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kunjungan kerja ke desa Pengaradan, Brebes, Jawa Tengah.

Kunjungan tim tersebut merintis Desa Berdikari melalui penyelarasan rancangan peraturan desa (Raperdes) dengan inisiatif penyusunan Rancangan Peraturan Desa tentang Ketertiban dan Keamanan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila.

BACA JUGA: BPIP dan Ormas Lintas Agama Deklarasikan 14 Etika dalam Bermedsos, Apa Saja?

Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP Kemas Ahmad Tajuddin mengatakan upaya pembumian Pancasila merupakan upaya sistemik dan holistik dengan perbagai strategi baik melalui pendekatan legalistik maupun nonlegalistik.

"Kami memiliki tugas pokok dan fungsi (salah satunya menyusun rekomendasi produk hukum) memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan Pancasila dalam tindakan," ujar dia.

BACA JUGA: TNI Canangkan Kampung Pancasila di Blora, Sekum BPIP: Luar Biasa, Kami Apresiasi

Sementara itu, Direktur Analisis dan Penyelarasan AM Najib mengaku penyelarasan produk hukum harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Penyesuaian ini harus memiliki pandangan hidup dan falsafah berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila. Karena merupakan hal yang mutlak," kata dia.

BACA JUGA: BPIP Jalin Sinergi dengan TNI untuk Perkuat Nilai Pancasila

"Dengan demikian nilai-nilai Pancasila senantiasa memilih bentuk secara formil sebagai pedoman," sambungnya.

Dia menjelaskan dengan melihat materi muatan Rancangan Peraturan Desa dan memperhatikan dengan seksama kondisi aktual Desa Pengaradan merupakan desa nelayan.

"Apa yang diinginkan warga desa dan aparat secara nyata merupakan cita untuk mewujudkan desa berdikari potensi sosial politik, ekonomi, dan budaya di Desa Pengaradan yang berdiri di atas kaki sendiri," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Badan Permusyawaratan Desa Caswito menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Penyelarasan BPIP.

Dia mengaku akan melakukan berbagai upaya strategis bersama Pemerintah Desa dan warga Desa untuk mewujudkan desa Pengaradan sebagai desa Berdikari.

"Kami akan terus mengembangkannya seperti pembentukan kelompok sadar wisata dan pencapaian sebagai Desa Pancasila.

Dia mengaku optimistis bisa meraih dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Brebes. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPIP Perkenalkan Video Salam Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler