BPOM dan GAPMMI Ingatkan Pentingnya Keamanan Pangan

Senin, 08 Juli 2024 – 04:45 WIB
BPOM dan GAPMMI Ingatkan Pentingnya Keamanan Pangan. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama semua pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) L Rizka Andalucia, dalam peringatan Keamanan Pangan Sedunia/World Food Safety Day (WFSD), di One Satrio Kuningan, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Hari Keamanan Pangan Sedunia: Bapanas Usung Semangat Pangan Segar Aman

Adapun peringatan WFSD 2024 yang merupakan kolaborasi BPOM dan GAPMMI mengusung tema 'Food Safety-Prepare For The Unexpected.

Menurut Rizka, tema ini sangat penting dengan terbukanya rantai pasok pangan global yang saling terhubung.

BACA JUGA: Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Pupuk Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani di Sulsel

Insiden keamanan pangan yang berawal dari masalah lokal dapat berkembang menjadi isu regional, bahkan darurat internasional.

"WFSD Expo 2024 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan pangan dan partisipasi aktif semua pemangku kepentingan, termasuk pelaku usaha," kata Rizka, dalam keterangannya, Minggu (7/7).

BACA JUGA: Catatan Ketua MPR: Fakta Kemiskinan, PHK, dan Urgensi Jaring Pengaman Pangan

Peringatan World Food Safety Day tahun ini menggarisbawahi pentingnya kesiapsiagaan menghadapi insiden keamanan pangan.

Insiden keamanan pangan adalah situasi di mana terdapat potensi atau risiko kesehatan terkait dengan konsumsi pangan.

Misalnya karena kecelakaan, keracunan, pengendalian higinitas dan sanitasi yang tidak memadai, penipuan produk pangan, bencana alam, atau perubahan iklim.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, keamanan pangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari industri pangan.

Sebagai salah satu komponen dari sistim pangan, peran industri pangan adalah meningkatkan ketersediaan dan keterjangkuan pangan yang aman dengan gizi yang cukup untuk masyarakat.

"Melalui cara pengolahan pangan yang baik dan benar sesuai standar keamanan pangan yang berlaku, food loss dapat dicegah dan hasil pertanian yang mudah rusak diolah menjadi pangan yang menyelamatkan kehidupan," kata Adhi.

Dengan menggunakan standar higinitas yang tinggi dengan menggunakan inovasi dan teknologi terkini, industri pangan menjalankan peran dalan membantu menuju ketahanan pangan dan gizi yang lebih baik. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler