BPS: Inflasi di Luar Dugaan

Senin, 03 Januari 2011 – 13:16 WIB
JAKARTA - Kenaikan harga barang dunia dan tidak terkendalinya harga di dalam negeri, berdampak signifikan terhadap inflasiDalam hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat telah terjadi inflasi pada Desember 2010 sebesar 0,92 persen.

"Inflasi 0,92 persen ini memang di luar dugaan kita semua

BACA JUGA: Pengumuman BPS Serentak di 2011

Jadi secara umum, pada tahun kalender 2010 angka inflasi mencapai 6,9 persen
Sedangkan inflasi inti Desember yang bergejolak sekitar 0,38 persen," ungkap Kepala BPS RI, Rusman Heriawan, dalam paparan awal tahun BPS Pusat, di Jakarta, Senin (3/1).

Meski pemerintah sudah melakukan berbagai antisipasi menekan harga, tapi menurut Rusman, sepertinya tidak berdampak terlalu signifikan

BACA JUGA: Bea Masuk Kakao Bebani Daya Saing

Dari 66 kota se-Indonesia, sebanyak 65 di antaranya tercatat mengalami inflasi
Hanya ada satu kota saja yang mengalami deflasi, yakni di Sorong sebesar 1,3 persen

BACA JUGA: Bea Cukai dan Pajak Barter Data

Sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Lhokseumawe yaitu sebesar 2,97 persen.

"Yang paling besar menyebabkan inflasi, masih konsisten dari kenaikan harga barang makanan, sebesar 2,81 persenHarga barang yang terus naik selama Desember 2010, di antaranya beras, cabai merah, cabai rawit, emas, minyak goreng dan komoditas pokok harian lainnya," jelas Rusman.

Rusman mengatakan, inflasi yang tinggi cenderung disebabkan oleh besarnya permintaan (demand), yang tidak disertai dengan besaran ketersediaan barang (suplai) di tengah masyarakatSelain itu, beberapa komoditas barang ekspor dipengaruhi dengan semakin menguatnya rupiah.

"Inflasi yang tinggi ini menjadi musuh kita bersamaBukan hanya musuh masyarakat, tapi juga musuh dunia usaha dan pemerintahJadi, yang terpenting (adalah) bagaimana menjaga demand dan suplai harus seimbang," kata Rusman lagi.

Laju inflasi tahunan sepanjang Januari-Desember 2010 sendiri, kata Rusman, tercatat mencapai 6,96 persenAngka yang sama juga berlaku untuk laju inflasi year on year (Desember 2010 terhadap Desember 2009, Red)Sementara komponen inti pada bulan Desember 2010, tercatat mengalami inflasi sebesar 0,38 persenSedangkan laju komponen inti tahun kalender dan laju inflasi komponen inti year on year tercatat 4,28 persen(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tahun 2011 Auranya Sangat Positif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler