BRI dan SRCIS Dorong Layanan Perbankan Digital di Toko Kelontong

Selasa, 18 Mei 2021 – 17:57 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. bekerja sama dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) untuk mendorong layanan perbankan di toko kelontong. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. bekerja sama dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) untuk mengembangkan toko kelontong yang merupakan bagian dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Direktur Hubungan lembaga dan BUMN BRI Agus Noorsanto mengatakan kerja sama kedua perusahaan tersebut berupa hadirnya layanan perbankan pada toko-toko kelontong di bawah naungan SRCIS.

BACA JUGA: UMKM Menggeliat Lagi, Bos BRI Yakini Indonesia Segera Akhiri Resesi

“Kerja sama dengan toko kelontong dilakukan untuk mendukung program pemanfaatan teknologi atau digitalisasi para pelaku UMKM, yakni pengusaha toko kelontong SRC untuk pengembangan bisnisnya,” ujar Agus, di Jakarta, Selasa (18/5).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BRI dan SRCIS di Jakarta, Senin.

BACA JUGA: Bidik Potensi Asuransi Milenial, BRI Life Lakukan Transformasi Digital

Menurut Agus ke depan pemilik usaha toko kelontong dan konsumen dapat menikmati berbagai kemudahan layanan perbankan milik BRI.

"Toko kelontong yang bekerja sama dengan BRI akan dilengkapi layanan perbankan seperti kemudahaan dalam pembukaan rekening, melakukan transaksi perbankan secara digital dan keagenan BRILink," ungkap Agus.

BACA JUGA: Masuk Forbes Global 2000, BRI Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Indonesia

Agus berharap kerja sama tersebut bisa mendorong toko kelontong binaan SRCIS untuk mengembangkan dan membesarkan penjualan di toko.

"Toko pun dikelolanya secara modern," katanya.

Agus optimistis kerja sama ini akan membuka peluang bagi UMKM, khususnya toko kelontong untuk terus berkembang dengan sistem yang terintegrasi.

Hal itu karena kedua perseroan memiliki jaringan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kerja sama ini dapat berdampak positif sampai ke daerah-daerah untuk menciptakan transaksi dan volume penjualan yang lebih optimal. Ini tentu berdampak untuk menggerakkan perekonomian nasional,” kata Agus.

Direktur SRCIS Rima Tanago mengatakan pihaknya menyambut baik dan siap berkolaborasi dengan BRI.

Rima menyebutkan saat ini SRC memiliki jaringan lebih dari 130 ribu toko dan menyebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Dia meyakini kerja sama tersebut mampu memperkuat ekosistem digital SRCIS yang sudah kekinian.

Di samping itu, memungkinkan semua pihak yang terlibat dalam transaksi ritel akan lebih mudah mengakses produk BRI maupun SRC.

“Kerja sama strategis ini merupakan kabar gembira bagi kita semua,” kata Rima.

Rima juga mengatakan kerja sama tersebut akan menjadi langkah awal bagi toko kelontong untuk terus berkembang yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Toko kelontong SRC terus didorong untuk meningkatkan daya saing sebagai bagian dari UMKM di Indonesia yang inovatif, adaptif, dan kompetitif," bebernya.

Rima menilai BRI maupun SRCIS memiliki komitmen yang sama untuk membantu UMKM lebih mudah mengakses produk finansial.

Terlebih, sambung dia, saat ini toko kelontong di bawah naungan SRCIS dapat menjangkau lebih banyak konsumen untuk berbelanja.

“Melalui kerja sama dengan BRI, pemilik toko kelontong SRCIS mendapat kemudahan menggunakan layanan perbankan BRI yakni pembukaan rekening dan juga menjadi BRILink,” ujarnya.

Dia berharap makin banyak masyarakat yang berbelanja ke toko kelontong.

"Perekonomian masyarakat juga dapat terus bergerak dan berkembang," ucap Rima. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BRI   BBRI   Toko kelontong   Layanan Perbankan   SRCIS   SRC  

Terpopuler