BRI Mendominasi Pasar Valas Indonesia, Transaksi Menanjak hingga 46 Persen

Selasa, 28 Desember 2021 – 10:01 WIB
BRI mencatatkan peningkatan volume transaksi valas sebesar 46 persen hingga akhir Kuartal III 2021 (yoy). BRI

jpnn.com, JAKARTA - BRI berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga stabilitas perekonomian melalui peran aktif dalam transaksi operasi moneter Bank Indonesia (BI) serta pasar valas domestik.

BUMN perbankan itu saat ini mampu mempertahankan dominasinya dalam pasar valas Indonesia di tengah volatilitas pasar global dan pemulihan ekonomi dunia yang masih terus berlanjut.

BACA JUGA: Penjelasan BRI soal Salah Transfer Dana Indah Harini

BRI mencatatkan peningkatan volume transaksi valas sebesar 46 persen hingga akhir Kuartal III 2021 (yoy).

Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi menjelaskan perseroan berhasil mendongkrak market share BRI menjadi 11,07 persen dari total transaksi valas domestik.

BACA JUGA: BRI Dorong Pemulihan Ekonomi lewat Ekspansi Penyaluran Kredit UMKM 2022

"Produk valas yang ditawarkan BRI juga semakin beragam, baik dari plain vanilla product maupun BBRI structured product," ujar Royadi dalam keterangannya, Selasa (28/12).

Dominasi BRI dalam pasar valas didukung oleh peningkatan client base.

BACA JUGA: Konsistensi Pengelolaan Manajemen Berkelanjutan Bikin BRI Masuk Indeks SRI-KEHATI

Hal it u merupakan dampak dari makin aktifnya perseroan menjadi market maker dalam memenuhi kebutuhan klien, baik segmen ritel, korporasi maupun interbank.

"Solidnya kinerja transaksi valas juga ditopang oleh penguatan layanan transaksi ekspor impor bagi nasabah BRI," tegasnya.

Royadi membeberkan transaksi ekspor impor menjadi salah satu pintu masuk bagi perseroan dalam meningkatkan client base transaksi valas.

BRI terus memperkuat layanan ekspor impor yang melibatkan pelaku usaha Indonesia melalui pendampingan, pengembangan produk, dan strategi pricing yang unggul.

"Luasnya cakupan bank koresponden serta jaringan unit kerja di dalam maupun luar negeri juga menjadi nilai tambah BRI,” imbuhnya.

BRI mencatat hingga akhir September 2021 transaksi ekspor impor perseroan tumbuh 40 persen (yoy).

Royadi memerinci pertumbuhan terbesar ada pada segmen ritel 96 persen dan korporasi 34 persen.

Capaian tersebut memberikan kontribusi positif pada peningkatan keuntungan spot & derivative dari transaksi valas yang tumbuh sebesar 65 persen (yoy).

Kinerja positif perseroan dalam pasar valas juga mendapat apreasiasi dari Alpha Southeast Asia sebagai Best FX Bank for Structured Products, Best FX Bank for Money Market Products dan Best FX for Retail Clients pada 2021.

"Sejalan dengan dominasi dalam pasar uang valas, BRI juga aktif berkontribusi dalam penguatan pasar uang Rupiah melalui transaksi Repo," kata Royadi.

Hal ini sejalan dengan implementasi Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025 yang diluncurkan oleh BI.

Royadi menjelaskan sepanjang 2021, transaksi repo BRI tercatat tumbuh 114,63 persen (yoy).

Peningkatan transaksi repo ini juga dibarengi dengan perluasan counterparty transaksi repo melalui penandatanganan GMRA.

"Sebagai wujud komitmen dalam mendukung percepatan pendalaman pasar repo, BRI juga aktif melakukan sinergi dan kolaborasi bersama pelaku pasar uang di Indonesia sebagai strategic partner BRI dalam transaksi pasar uang," katanya.

BRI juga dalam transaksi operasi moneter BI.

Perbankan yang dipimpin oleh Sunarso itu merupakan peserta aktif lelang reverse repo dan Term Deposit BI.

Pada akhir Kuartal III 2021 volume transaksi BRI dengan BI (yoy) telah tumbuh 152,11 persen untuk transaksi reverse repo dan tumbuh 87,87 persen untuk transaksi Term Deposit Rupiah.

Solidnya kinerja perusahaan tersebut mendapatkan apresiasi dari BI dalam perhelatan Bank Indonesia Award 2021 pada Rabu (24/11).

Gubernur BI Perry Warjiyo hadir langsung secara virtual dalam acara itu.

BRI menerima penghargaan sebagai Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik.

BRI dinilai mampu berperan aktif dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah serta mendukung kebijakan stimulus moneter Pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

Capaian ini sekaligus sebagai bukti nyata komitmen BRI untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional yang akan terus dilanjutkan pada masa mendatang.

“Penghargaan yang diterima ini menjadi pemicu bagi BRI untuk terus memberikan layanan dan produk terbaik bagi masyarakat Indonesia," ungkap Royadi

Bagi Royadi, apresiasi ini sekaligus menjadi bukti nyata atas dedikasi dan peran BRI sebagai salah satu Bank BUMN dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Ke depannya, BRI akan terus menjadi mitra strategis BI dalam menjaga stabilitas moneter negara kita,” tegas Achmad Royadi. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Gembira! Transaksi Perbankan di BRI Sekarang Murah Banget, Jadi Sebegini


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler