Brigjen TNI Yusuf: Tidak Boleh Sombong, Jangan Bersikap Arogan kepada Siapa pun

Pesan untuk Prajurit Bintara TNI AD yang Baru Dilantik

Jumat, 10 Februari 2023 – 07:30 WIB
Kepala Staf Kodam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga memberikan piagam penghargaan kepada Serda Muhammad Aditya Adji, lulusan terbaik Secaba. (ANTARA/HO-Pendam XVIII/Kasuari)

jpnn.com - MANOKWARI - Kepala Staf Kodam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga mengingatkan para bintara yang baru lulus agar menghindari pelanggaran hukum dan disiplin, menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta memelihara kondisi fisik dengan berolahraga untuk menunjang pendidikan kejuruan berikutnya.

"Tidak boleh sombong dan jangan bersikap arogan dengan siapa pun yang dapat melukai dan mengurangi simpati rakyat kepada TNI,” kata Brigjen TNI Yusuf Ragainaga memimpin upacara penutupan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2022 Kodam XVIII/Kasuari di Lapangan Upacara Mako Rindam XVIII/Kasuari, Momiwaren, Manokwari, Papua Barat, Kamis (9/2).

BACA JUGA: Penerjun Payung TNI Selamat Setelah Mendarat Darurat di Rumah Warga

“Teruslah berdoa agar kalian diberikan perlindungan, kesuksesan, dan keberhasilan dalam memikul tanggung jawab sebagai prajurit,” pesan jenderal bintang satu itu.

Upacara penutupan Dikmaba Kodam XVIII/Kasuari diikuti sebanyak 91 siswa yang dinyatakan lulus sebagai prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua.

BACA JUGA: 2 Prajurit TNI Ditahan di Subdenpom Wamena, Ini Kasusnya

Terpilih sebagai lulusan terbaik Secaba yaitu Serda Muhammad Aditya Adji dan mendapat penghargaan langsung dari Kasdam berupa kalungan medali dan piagam penghargaan.

Brigjen TNI Yusuf  menyebut para bintara merupakan tulang punggung satuan yang fungsinya sebagai penghubung antara perwira dan tamtama.

BACA JUGA: Keberadaan Pilot Susi Air belum Diketahui, TNI dan Polri Masih Terus Mencari

Yusuf mengingatkan para bintara harus memiliki wawasan yang luas, akhlak yang baik, disiplin yang tinggi dan dapat menjadi contoh bagi anggota, keluarga dan masyarakat.

"Mulai hari ini secara resmi kalian dilantik menjadi seorang prajurit yang mempunyai kualifikasi sebagai bintara. Perubahan status ini hendaknya bukan hanya pada pangkat saja namun harus diikuti dengan perubahan pola pikir, sikap dan tindakan dalam hubungan kedinasan maupun di lingkungan masyarakat," pesan Brigjen Ragainaga.

Dia  menambahkan, menjadi seorang bintara hendaknya dapat menginspirasi dan memotivasi diri dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas sebagai prajurit TNI AD yang dibanggakan dan selalu berhasil dalam melaksanakan tugas.

Dengan semangat, kerja keras, disiplin yang kuat dan terus membekali diri dengan belajar dan berlatih, diharapkan para bintara yang baru lulus tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi prajurit yang selalu siap dengan tantangan tugas pada saat dan kondisi apa pun. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler