BTN Targetkan IPO Akhir Tahun

Kamis, 26 Juni 2008 – 12:24 WIB
SURABAYA - Rencana BTN untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) akan direalisasikan tahun iniPemerintah telah memberikan lampu hijau untuk IPO  yang masuk dalam Rencana Kerja dan Anggran Perusahaan (RKAP) dan telah di sahkan dalam RUPS 2008. 
    Dirut BTN Iqbal Latanro mengatakan targetnya triwulan keempat IPO diharapkan dapat teralisasi

BACA JUGA: Nama Hasan Zein Disebut

”Nanti sekitar 30 persen saham BTN akan dijual dalam IPO, tinggal menunggu rekomendasi DPR,” jelasnya saat ditemui dalam acara Musda REI ke -11 di Surabaya.
    Langkah tersebut menurut Iqbal untuk mendukung upaya BTN dalam mencari dana murah
”DPR komisi VI telah menyetujui rencana ini, selanjutnya tinggal tunggu DPR komosi XI,” jelasnya

BACA JUGA: Harga BBM Mesti Naik Bertahap

Lalu setelah itu melihat situasi pasar
Dia berharap pemerintah segera menindak lanjuti proses ini di DPR Juli mendatang

BACA JUGA: Antam Siap Beli Saham Freeport

”Kalau masuk pasar modal, BTN akan memiliki strukturtur modal paling tidak triwulan empat, ” jelasnya.
    Hal itu akan menjadi equity non interest sehingga BTN mampu memberikan tingkat bunga kredit yang lebih rendah”Kalau sumber dana, belinya mahal, jualnya juga mahal,” jelasnyaDan menurut dia yang paling penting punya kekuatan modal sehingga tahan terhadap isu-isu missmacth market.  
    Selain itu BTN juga akan melakukan proses sekuritisasi asetSebesar Rp 500 miliar kredit pemilikan rumah BTN akan dijual di pasar modal sehingga perolehan dana murah bisa dioptimalkanSelain itu BTN juga kan mengeluarkan obligasi ke-13 tahun ini.
    Terkait kinerja tahun ini, BTN tidak akan merevisi targetPenyaluran kredit hingga akhir tahun diharapkan mencapai Rp 10,04 triliun”Hingga Mei penyaluran kredit telah mencapai 50 persen dari target,” sebutnyaKomposisinya 46 persen KPR non subsidi dan 54 persen KPR bersubsidi”Kami juga menargetkan komposisi subsidi dan non subsidi (KPR) bisa seimbang fifty-fifty,” urainyaSelain itu BTN juga belum akan merevisi tingkat suku bunga”Potensi pasarnya naik, meskipun nanti ada kenaikan tingkat suku bunga hingga satu persen tidak akan banyak berpengaruh terhadap pasar,” paparnya.(erm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kontrak Adidas Jadi Rebutan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler