Bu Mega Bakal Diberi Gelar Doktor Honoris Causa Lagi, Kali Ini dari Arab Saudi

Sabtu, 20 Mei 2023 – 19:51 WIB
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan sambuyan pada peluncuran 58 judul buku dalam rangka hari ulang tahun ke-58 Lemhannas di Jakarta Pusat, Sabtu (20/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koleksi gelar doktor kehormatan atau honoris causa alias (Dr. H.C) bagi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri bakal bertambah.

Ketua umum Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) akan memperoleh gelar doktor honoris causa dari Princess Nourah bint Abdul Rahman University, Riyadh, Arab Saudi.

BACA JUGA: Bu Mega Terima Gelar Profesor dari SIA, Anak Muda Indonesia Siap-siap Jadi Aktor di Korsel

Megawati mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara pada peluncuran 58 judul buku dalam rangka ulang tahun ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta Pusat, Sabtu (20/5).

Sebenarnya putri Proklamator RI Bung Karno itu telah menerima dua gelar profesor kehormatan, yakni dari Universitas Perhatanan atau Unhan dan Institut Seni Seoul atau Seoul Institute of The Arts (SIA).

BACA JUGA: Berorasi Ilmiah di Jepang, Bu Mega Tawarkan Pancasila untuk Solusi Post-Truth

Selain itu, Megawati juga telah mengantongi sembilan gelar Dr. H.C. dari berbagai perguruan tinggi, antara lain, Waseda University of Tokyo, Moscow State Institute of International Relations, Korea Maritime and Ocean University, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Padang (UNP), Mokpo National University (Korsel), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Fujian Normal University (Tiongkok), dan Soka University Japan.

Megawati menuturkan ada lima perguruan tinggi yang akan memberinya gelar Dr. H.C.

BACA JUGA: Universitas Soka Beri Dr HC kepada Bu Mega, Mas Nanan Merasa Bangga

“Menunggu lima karena pandemi,” tutur Megawati di acara yang dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Moh Mahfud MD, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan sejumlah menteri itu.

Namun, Megawati itu mengaku sangat menantikan gelar Dr.H.C dari Princess Nourah bint Abdul Rahman University.

tokoh kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947, itu pun membeber alasannya sangat menunggu gelar dari universitas di ibu kota Arab Saudi tersebut.

Menurut Megawati, universitas yang didirikan oleh salah seorang putri Kerajaan Ara Saudi itu memiliki 60 ribu mahasiswi.

Kebayang enggak, dan semua mahasiswi, enggak ada lakinya,” tuturnya.

Megawati telah menanyakan alasan yang mendasari Princess Nourah bint Abdul Rahman University berencana memberikan gelar doktor kehormatan untuknya. Ternyata, perguruan tinggi khusus perempuan itu menganggap Megawati sebagai panutan.

“Karena ibu adalah role model dari wanita, ujar Megawati mengutip penjelasan pihak Princess Nourah bint Abdul Rahman University.(tan/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Alasan di Balik Gelar Profesor Kehormatan Unhan untuk Megawati


Redaktur : Antoni
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler