Bu Susi Tegas, Minta Honorer Diangkat jadi PNS, Bukan PPPK

Senin, 07 September 2020 – 07:39 WIB
Anggota SNWI Sumsel usai audiensi secara virtual dengan anggota DPR RI Mustofa Kamal pada Sabtu (5/9) lalu. Foto; dok pribadi for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Guru dan tenaga pendidik honorer nonkategori yang tergabung dalam forum SNWI (Solidaritas Nasional Wiyata Bakti Indonesia) Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan aspirasi kepada Anggota Komisi X DPR Mustofa Kamal, dalam audiensi pada Sabtu (5/9) lalu.

Ketua SNWI Sumsel Susi Maryani mengatakan dalam audiensi yang berlangsung secara virtual itu, mereka minta diperjuangkan supaya diangkat menjadi PNS.

BACA JUGA: Said: Kasihan Amat, Honorer K2 Nyungsep ke PPPK

"Kami menyampaikan aspirasi SNWI Sumsel dan nasional agar perbaikan status dari honorer menjadi PNS atau ASN," ucap Susi Maryani kepada jpnn.com, Minggu (6/9).

SNWI juga menegaskan dukungan mereka terhadap revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama Pasal 131A.

BACA JUGA: Komisi X Desak Mendikbud Akomodir Honorer K2 di Formasi CPNS dan PPPK 2021

Kemudian, mereka memperjuangkan adanya BPJS Ketenagakerjaan bagi guru honorer.

"Sebelum kami diangkat menjadi PNS atau ASN, agar kiranya gaji kami setara dengan UMR," ucap Susi.

BACA JUGA: 9 Fakta Kasus Reza Artamevia, yang Kenal Dia Silakan Simak Poin 8

 Dalam waktu dekat, SNWI berencana melakukan audiensi khusus dengan Komisi X dan Komisi II DPR, Komite 3 DPD RI, BKN, Kemendikbud dan pengurus PB PGRI untuk meminta dukungan.

SNWI juga meminta Mustofa Kamal yang merupakan wakil rakyat Dapil Sumsel, bisa menindaklanjuti hasil RDP Komisi X dengan Kemendikbud, Kemenkeu, BKN dan Dirjen GTK pada 8 Juli 2020 yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf.

Rapat itu menyepakati bahwa data honorer nonkategori yang belum terakomodir akan digunakan sebagai bahan pembahasan penyelesaian permasalahan guru honorer pada tahun berikutnya paling lambat tanggal 1 Desember 2020.

"Kami juga menyampaikan seandainya nanti ada tes PPPK, yang bisa ikut tes bukan hanya K2 saja tetapi nonkategori juga," ucap Susi.

Dia menyebutkan bahwa aspirasi itu direspons positif oleh Mustofa Kamal. Audiensi itu juga diikuti perwakilan SNWI 7 daerah yaitu Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kabupaten Muba, Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Empat Lawang.

"Tanggapan Pak Mustofa Kamal tentang UU ASN dibahas di komisi dua. Beliau akan menyampaikan aspirasi SNWI ke komisi dua. Beliau juga bersedia memberikan dukungan secara tertulis kepada SNWI," kata Susi.(fat/jpnn)

 

 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler