Bu Titi Tidur Bareng Honorer K2, Insyaallah Kebahagiaan Datang pada Waktunya

Senin, 09 September 2019 – 07:24 WIB
Titi Purwaningsih tidur bersama honorer K2 saat rakernas PHK2I. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com - Rakernas Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) sudah berakhir. Acara rakernas digelar untuk membangun kembali semangat memerjuangkan status sebagai PNS.

Mesya Mohamad - Jakarta

BACA JUGA: Didi PGRI: Wajar PPPK Ditolak Honorer

KETUM PHK2I Titi Purwaningsih merasa terharu melihat semangat honorer K2 yang masih getol berjuang mendapatkan status PNS. Meski ada solusi penyelesaian honorer K2 berupa rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), banyak anggotanya yang tetap ingin menjadi PNS.

Semangat menjadi PNS itulah yang membuat peserta rakernas membeludak. Dari rencana awal 500 orang melonjak menjadi 700-an orang, perwakilan dari seluruh daerah.

BACA JUGA: Honorer DKI: Kalau Mereka Bisa Diangkat PNS, Kami Juga Pasti Bisa

Titi hanya seorang guru honorer salah satu SD negeri di Banjarnegara. Tekadnya yang kuat membuat dia dipercaya anggotanya menjadi ketum forum. Mulai dari Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I), kemudian berubah nama menjadi PHK2I.

BACA JUGA: Kapan Keppres untuk Honorer K2 Diterbitkan?

Korwil PHK2I Jawa Timur Eko Mardiono memperlihatkan rekannya sesame honorer K2 tidur arena Rakernas. Foto: Istimewa for JPNN.com

Langkah Titi yang ikut seleksi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap I pada Februari 2019 sempat membuat honorer K2 terpecah. Yang menolak PPPK memertanyakan komitmen Titi terhadap perjuangan mendapatkan status PNS.

Sebaliknya, bagi yang "menerima" PPPK sebagai tempat pemberhentian sementara, tidak mempersoalkannya. Sebab, banyak juga yang ikut tes. Tidak hanya usia-usia 50 tahun ke atas, tetapi juga usia di atas 35 tahun dan di bawah 45.

Protes terhadap Titi, membuat sebagian pengikutnya berpaling. Mereka mendirikan forum-forum baru. PHK2I yang merupakan rumah besar honorer K2 kini “beranak”.

Bagi Titi, tidak masalah bila ada yang mendirikan forum baru. Toh perjuangannya sama. Dan, Titi bisa bernapas lega. Dalam rakernas PHK2I pada 5-6 September di Jakarta, masih banyak pengikutnya yang setia.

Ingin membuktikan komitmennya untuk perjuangan mendapatkan status PNS, dia rela tidur bareng bersama honorer K2 di Gedung KNPI Jakarta. Gedung di mana dia bersama ratusan anggotanya merumuskan arah perjuangan lewat forum rakernas.

BACA JUGA: Didi PGRI: Wajar PPPK Ditolak Honorer

Sikap Titi ini membuat banyak anggotanya kagum. Korwil PHK2I Jawa Timur Eko Mardiono salah satunya. Dia sudah dua kali ini melihat Titi tidur bersama honorer K2.

Pertama saat aksi demo dua hari pada Oktober 2018, Titi bersama sejumlah rekannya tidur di depan istana meski hanya beralaskan tikar.

"Ini kedua kalinya saya lihat ibu ketum tidur dengan honorer K2. Inilah yang membuat kami tetap semangat merumuskan perjuangan. Tidak ada kata lelah. Tidak ada kata tidak punya ini, tidak punya itu. Yang ada hanya sebuah tekad besar untuk mencapai cita cita meskipun makan dan tidur seadanya. Bahkan Ibu Titi pun ikut tidur bersama kami karena senasib seperjuangan," beber Eko kepada JPNN.com, Senin (9/9).

Dia mengimbau seluruh rekannya tetap semangat. "Gusti Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Insyaallah akan datang waktunya kebahagian itu," sambungnya.

Dia menyebutkan, dalam rakernas semua bersepakat untuk tetap memperjuangkan status PNS. Selain itu PHK2I masih tetap menjadi forum terbesar honorer K2 karena sudah terbukti kinerjanya.

BACA JUGA: Menurut Bhimma, Aneh jika Honorer K2 Sudah Lulus PPPK Pengin jadi PNS

"Kami ini forum besar dan sudah ada hasilnya. Bukan forum baru yang koar-koar seolah-olah sudah banyak berbuat. Saya terharu melihat semangat teman-teman honorer K2, mereka serasa berat meninggalkan ruang rakernas," tandas Eko.

Sementara Korwil PHK2I Sulawesi Selatan Sumarni Azis menambahkan, dalam rakernas dilakukan konsolidasi organisasi agar marwah perjuangan punya semangat baru pascapilptes. Setelah sempat terkotak-kotak saat Pilpres kini semua disatukan visi misinya.

"Hasil rakernas ini jadi vitamin baru bagi perjuangan honorer K2 meraih status PNS. Sulsel hanya diwakili dua orang karena imbas pilpres jadi masih bingung dan perlu diberikan formula semangat," terang Sumarni.

Dia lega, dalam rakernas semua menyuarakan hal sama. Berjuang mendapatkan status PNS tanpa batasan usia, pendidikan, instansi. Sebab, honorer K2 sudah teruji pengabdiannya belasan hingga puluhan tahun. (esy/jpnn)



 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honorer K2 Dorong Ahok Bisa Masuk Menteri Kabinet Jokowi-Maruf


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler