Buka Sriwijaya Expo 2024, Agus Fatoni Sebut Pameran Ini Mengumpulkan Benda Bersejarah

Minggu, 26 Mei 2024 – 11:28 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni membuka kegiatan Sriwijaya Expo 2024 di Halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2024). Foto: dok

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berkomitmen akan mengembalikan kejayaan Bumi Sriwijaya.

Hal itu diungkapkan Agus Fatoni saat membuka kegiatan Sriwijaya Expo 2024 di Halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2024).

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Berbagai Bantuan & Penghargaan di Acara HUT ke-78 Sumsel

Dia mengatakan 2024 akan dijadikan sebagai tahun kebangkitan Kerajaan Sriwijaya.

Ini lantara Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar, sehingga sudah selayaknya Museum Sriwijaya diaktifkan kembali.

BACA JUGA: Dekranasda Sumsel Juara Umum Mobil Hias di Solo, Agus Fatoni: Persiapan Sudah Maksimal

"Kami akan aktifkan kembali Museum Sriwijaya yang merupakan kebanggaan Sumatera Selatan dan Indonesia. Juga akan mengumpulkan benda-benda bersejarah di seluruh dunia yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya dan akan kita himpun menjadi satu,” ucap Fatoni.

Kejayaan Bumi Sriwijaya itu dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti launching Kopi Sumel pada 12 Mei 2024 lalu, kemudian pameran Kopi Sumsel di Korea Selatan.

BACA JUGA: Jadi Pemateri di Reform Corner, Agus Fatoni Berbagi Tip jadi Orang Sukses

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berupaya memperbarui produk kopi serta memberikan insentif pengembangan kopi, sehingga menjadikan Kopi Sumsel sebagai tuan rumah di daerah sendiri.

"Bersama KADIN, kami sudah launching Kopi Sumsel dan dalam waktu dekat kami akan buat rekor Muri minum kopi terbanyak,” tuturnya.

Lebih lanjut, Fatoni menyebut Sriwijaya Expo 2024 merupakan expo terbesar tingkat provinsi se-Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan penghargaan bagi seluruh pihak sekaligus sebagai pendorong dan penggerak ekonomi Sumsel.

Fatoni menyambut baik terlaksananya kegiatan pameran Sriwijaya Expo tahun 2024 ini yang dirangkaikan dengan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) dan BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) 2024. 

"Saya berharap pameran ini menjadi etalase bagi produk-produk berkualitas yang ada di Sumatera Selatan,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaiba mengatakan Sriwijaya Expo bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan, jasa, kerajinan, dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk UMKM Sumsel.

“Sriwijaya Expo diselenggarakan dari tanggal 24 Mei-28 Mei 2024 yang diisi dengan berbagai kegiatan hiburan, perlombaan maupun pertunjukan kesenian. Peserta pameran dari Dekranasda Kabupaten/Kota dan BUMN/BUMD," ungkapnya.

Turut serta mendampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, di antaranya Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Sekda Sumsel SA Supriono, Kepala OJK Regional Sumsel Babel Untung Nugroho dan Bupati/Walikota se-Sumsel. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kembangkan Potensi Pertanian Sumsel, Agus Fatoni Perkuat Sinergi & Pupuk Indonesia


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler