Bukan Hanya Incar Kemenangan

Kamis, 21 November 2013 – 08:08 WIB

jpnn.com - JAKARTA-Timnas U-23 akan memulai rangkaian pertandingan dalam turnamen mini empat negara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) malam nanti. Skuad Garuda Muda mengincar kemenangan perdana dari tangan Laos.

 

Meskipum hanya sekedar turnamen pemanasan sebelum terjun di ajang SEA Games Myanmar 2013, Indonesia akan tampil maksimal. Tujuannya, tentu untuk meraih gelar juara di ajang yang juga diikuti oleh Maladewa dan Papua Nugini tersebut.
    
"Tim harus mencapai yang maksimal. Karena dengan hasil terbaik, bisa bagus juga untuk mental pemain karena pasti ikut meningkat," katanya dalam jumpa pers di kawasan SUGBK, kemarin (20/11).
    
Menurut Aji, jika Kurnia Meiga dkk berhasil meraih juara di turnamen ini, maka nilai positifnya akan kembali kepada pemain sendiri. Sebab, secara psikologis kepercayaan diri pemain akan berlipat menuju ajang dua tahunan di Myanmar nanti.
    
"Itu bagus untuk kepercayaan diri pemain di SEA Games nanti," terangnya.
    
Di sisi lain, pelatih kepala Rahmad Darmawan menilai Laos juga melakukan persiapan yang panjang seperti Indonesia. Bahkan, menurut dia, potensi sepak bola Laos cukup berkembang.
    
"Mereka persiapan lama, tentu soliditas mereka tinggi. Ini yang harus bisa diatasi," tuturnya.
    
Melawan Laos, bagi Rahmad karakternya memiliki kesamaan dengan lawan di SEA games nanti, Myanmar dan Kamboja. Untuk itu, Rahmad akan menjadikan ini sebagai simulasi strategi melawan dua tim tersebut.
    
Yang terpenting, lanjut dia, pemain tidak merasa jumawa dan menganggap rendah lawan. Sebab, dalam peratndingan kelompok umur seperti ini, kekuatan tim dinilai cukup merata.
    
"Apa yang mau dijumawakan, lawan Timor Leste kami imbang. Jadi, anak-anak harus bermain dengan percaya diri, dan berfokus kepada tim sendiri, tak perlu melihat lawan kuat atau lemah," tegas Rahmad.
    
Pelatih yang akrab disapa coach RD itu ingin skuadnya bisa memainkan tempo dan terus melakukan tekanan kepada lawan. Saat memegang bola berarti menyerang, dan saat kehilangan bola harus melakukan pressing ketat.
    
Dengan latihan dan uji coba yang telah dijalani, Rahmad menilai progress yang ditunjukkan Timnas selama ini, akan semakin lengkap jika mampu memenuhi ekpektasinya. Sebab, kecermatan dalam menyerang ini juga dipengaruhi oleh kemampuan pemain kapan harus sabar menahan, dan kapan melakukan tusukan atau eksekusi bola ke gawang lawan.
    
"Kami tentu ingin menang, dan target kami dalam permainan juga tercapai," tegasnya.
    
Sementara itu, Kokichi Kimura, pelatih Laos, menjelaskan jika saat ini timnya memang dalam kesiapan yang tinggi. Selain itu, mereka juga membawa pemain-pemain muda yang kenyang pengalaman karena beberapa diantaranya pernah tampil di Piala AFF 2012 lalu.
    
"Kami sudah memahami Indonesia, kami pernah bertanding di Piala AFF dan kami bisa menahan mereka (2-2)," terangnya dalam jumpa pers kemarin. (aam)
    
Indonesia (4-2-3-1)
Kurnia Meiga (Gk)
Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestussen, Diego Michiels
Rizky Pellu, Egi Melgiansyah;
Ferinando Pahabol, Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra
Sunarto

BACA JUGA: Vinton Didenda Rp 20 Juta, Dilarang Main Lima Laga

Pelatih: Rahmad Darmawan

BACA JUGA: Ronaldo Sempat Di Voodoo

Laos (4-5-1)
Chintana Souksavath (GK)
Chanthaphone Waenvongsoth, Khampoumy Hanevilay, Ketsada Souksavanh, BonhengDouangdy;
Daoneua Siviengxay, Phattana Sivylay, Manolom Phomsouvanh, Soukaphone Vongchiengkham, Khonesavanh Sihavong;
Sopha Saysana

Pelatih: Kokichi Kimura

BACA JUGA: Chris John Unifikasi Gelar Lawan Simpiwe

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kido/Pia Melaju, Markus/Rizki Terjungkal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler