Cagub Khofifah Sediakan Rumah Dialog

Jumat, 16 Februari 2018 – 03:40 WIB
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. Foto: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Calon Gubernur Jatim nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa meresmikan Rumah Aspirasi Jalan Diponegoro, Surabaya , Jawa Tinur.

Di rumah ini tersedia ruang dialog bagi masyarakat yang ingin membedah sembilan program unggulan.

BACA JUGA: PPP Bidik Tiga Provinsi di Jawa

Diawali dengan pelepasan sembilan burung merpati yang dipimpin langsung Khofifah dan didampingi Ketua Tim Pemenangan Roziki, Sekretaris Tim Pemenangan Renville Antonio, Wakil Ketua Tim Pemenangan Agus Maimun, KH Maskur Hasjim, istri (alm) KH Hasyim Muzadi, KH Makhfudhoh, serta puluhan relawan Khofifah-Emil.

“Rumah Aspirasi ini untuk menampung berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat Jatim sehingga nantinya jika Khofifah-Emil mendapat amanat memimpin Jatim bisa langsung segera ditangani dan dicarikan solusi yang terbaik,” ujar Khofifah, Rabu (14/2).

BACA JUGA: Dua Pasangan Cagub Jatim Gandeng Artis Demi Gaet Pemilih

Saat peresmian tersebut, mantan menteri sosial itu menyebutkan beberapa programnya. Di antaranya membantu anak-anak warga miskin tetap bersekolah dan mencapai cita-citanya.

“Saya selama dua tahun disuruh Gus Dur belajar ke Malaysia, bagaimana mensejahterakan anak-anak nelayan. Di sana ada program bagaimana membantu mereka yang miskin. Karenanya saya akan bekerja keras mewujudkan untuk mencerdaskan anak-anak petani tidak mampu, untuk disekolahkan di sekolah pondok pesantren,” jelasnya.

BACA JUGA: Gus Ipul dan Khofifah soal Nama, Puti Kurang Ijazah SMA

Khofifah menegaskan pihaknya tidak hanya sekedar membuat program sekolah gratis. Tapi harus tetap berkualitas. Ini bisa diwujudkan melalui APBD Jatim yang cukup besar. Ini menjadi salah satu layanan pendidikan sebaik-baiknya untuk memutus mata rantai kemiskinan.

Dalam kesempatan tersebut juru bicara Khofifah-Emil, KH Zahrul Azhar Asad atau yang juga dijuluki Gus Han membacakan Nawa Bhakti Satya yang terdiri dari 9 bhakti atau program kerja. Bhakti 1 adalah Jatim Sejahtera yang orientasinya untuk pengentasan kemiskinan menuju keadilan dan kesejahteraan sosial. Bentuknya berupa PKH Plus untuk penduduk miskin 38 kab/kota, 664 kec, 5.674 desa dan 2.827 kelurahan.

“Disabilitas, lansia terlantar, perempuan kepala keluarga rentan. Kemudian mengurangi beban 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan subsidi provinsi anggaran ini akan meningkat mengikuti peningkatan pendapatan APBD Provinsi Jatim,” kata Gus Han.

Bhakti 2 yakni Jatim Kerja. Fokusnya pada millineal Job Center dengan cara memberikan job training, pendidikan vokasi, membantu starting up usaha, membantu promosi bagi usahawan muda, dan membantu pembiayaan usaha pada tahap awal usaha. Lalu membuat Dream Team Science Techno Park/STP (5-10 anak SMK dan 2-4 anak D3/S1), membentuk STP bagi kelompok rintisan usaha di berbagai daerah. “Memberikan jaminan bagi produksi dan distribusi produk-produk inovasi anak muda melalui informasi super koridor di 5 bakorwil yang ada di Jatim,” ungkapnya.

Bhakti 3 adalah Jatim Cerdas dan Sehat dengan fokus pada pendidikan dan kesehatan gratis berkualitas. Bentuknya bermacam-macam, misalnya Tis-Tas (gratis dan berkualitas) dengan memperluas cakupan bantuan siswa miskin, bantuan biaya sekolah, dana insentif operasional akreditasi, tunjangan kinerja bagi guru tidak tetap.

Selanjutnya Bhakti 4 adalah Jatim Akses, yang diperioritaskan untuk membangun infrastruktur dalam kerangka pengembangan wilayah terpadu, dan keadilan akses bagi masyarakat pesisir dan desa terluar. Turunannya berupa pembangunan Kawasan Lingkar Wilis, Lingkar Bromo, Lingkar Ijen, Gerbang Kertasusila, Koridor Maritim Pantura Jawa- Madura, Koridor Maritim Selatan Jawa. “Pembangunan akses jalur udara dilakukan dengan percepatan dan pengembangan bandara perintis,” ungkapnya.

Lalu Bhakti 5 adalah Jatim Berkah, lanjut Gus Han dilakukan dengan cara memberi tunjangan kehormatan Imam Masjid di Kampung, Pesisir dan Pulau Terluar. Perluasan tunjangan kehormatan Hafidz dan Hafidzoh, penguatan peran Pondok Pesantren dalam mendorong partisipasi sekolah dan beasiswa guru diniyah hingga S2, membangkitkan kesetiakawanan sosial, kepahlawanan dan keperintisan.

Kemudian, Bhakti 6 yaitu Jatim Agro, diprioritaskan untuk memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, kehutanan, perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Program turunnnya berupa menguatkan program petik, olah, kemas, jual, mengembangkan agropolitan, stabilisasi dan tabungan pangan, asuransi petani, restrukturisasi produk pertanian.

Bhakti 7 adalah Jatim Berdaya, yang diprioritaskan untuk memperkuat ekonomi kerakyatan dengan berbasis UMKM, koperasi, dan mendorong pemberdayaan pemerintahan desa. Programnya bermacam-macam, seperti One Village One Product One Corporate & Agropolitan, Communal Branding untuk UMKM, Supply and Demand Channel, penataan pasar tradisional, inklusi UMKM retail modern, serta menumbuhkembangkan koperasi perempuan, petani dan nelayan dan perdagangan antar pulau.

Lantas Bhakti 8 yakni Jatim Amanah dengan tujuan menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, efektif dan anti korupsi. Caranya dengan membudayakan meritokrasi, menyelenggarakan complain handling system, budaya birokrasi yang melayani dan efektif, menjaga clean government, sound governance, perluasan dan pelayanan berbasis IT.

Terakhir, kata Gus Han, Bhakti 9 adalah Jatim Harmoni dimaksudkan untuk menjaga harmoni sosial dan alam dengan melestarikan kebudayaan dan lingkungan hidup. Program derivatifnya meliputi pariwisata partisipatoris, integrasi museum perpusda dan galeri seni, ruang kebinekaan, seni tradisional, clean industries, green city, halal tourism, 51 titik potensi ESDM, dialog antar budaya (seni, seniman dan budayawan) maupun dialog intern dan antar umat beragama. (bae/no)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahar Politik Sama dengan Memojokkan Islam


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler