Cagub Sulteng Ahmad Ali Berjanji Soal Kenaikan Gaji Guru Honorer

Minggu, 13 Oktober 2024 – 16:11 WIB
Pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri (Beramal) mendapatkan nomor urut 1 di Pilgub Sulteng 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, PALU - Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali menyampaikan kabar gembira bagi para guru honorer, yang saat ini hanya memiliki gaji sekitar Rp 300 ribu per bulan.

Ahmad Ali mengaku apabila menjadi Gubernur Sulteng akan menaikkan gaji guru honorer di provinsi beribu kota Palu itu setara dengan upah minimum regional (UMR) pemerintah setempat.

BACA JUGA: Prabowo Punya Makan Bergizi Gratis, Ahmad Ali-AKA Siapkan Perlengkapan Sekolahnya

"Ke depan minimal gaji honorer setara gaji UMP (Upah Minimum Provinsi)," ungkap Ahmad Ali dalam program Uji Nyali yang dilaksanakan Total Politik di Kota Palu, dikutip Minggu (13/10).

Dalam kegiatan Uji Nyali, masyarakat berkesempatan mengupas program Ahmad Ali jika diberi kesempatan menjadi Gubernur Sulawesi Tengah.

BACA JUGA: Ahmad Ali-AKA Pastikan BPJS Gratis, Beban Warga Hilang

Menurut Ahmad Ali, janji menaikkan gaji guru honorer karena miris pendapatan mereka yang jauh dari standar dengan tuntutan tinggi.

"Kita menuntut para pendidik, guru untuk melahirkan manusia berkualitas, tetapi membiarkan guru-guru honorer dan tenaga kesehatan kelaparan, gaji Rp 300 ribu per bulan, bagaimana mereka bisa hidup layak," lanjut eks Sekjen NasDem itu.

BACA JUGA: Cerita di Balik Nomor Urut 1 Ahmad Ali di Pilgub Sulteng

Ahmad Ali mengatakan penghasilan guru honorer sudah sepantasnya dibuat lebih layak, karena tuntutan yang selama ini sudah tinggi dari orang tua murid.

"Pemerintah menuntut perusahaan menggaji karyawan mereka dengan gaji layak sesuai UMP, tetapi pemerintah mempekerjakan honorer, guru, tenaga kesehatan seperti budak."

"Ke depan, kami ingin pemerintah memberikan gaji layak kepada honorer," kata dia.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng nomor urut 1 Ahmad Ali-Abdul Karim Al Jufri memang memiliki sejumlah program dalam kontestasi politik 2024.

Selain menjanjikan kenaikan gaji guru honorer, kandidat yang dikenal dengan sebutan BERAMAL itu juga punya program kesejahteraan petani, pemberdayaan perempuan dan anak muda, hingga perbaikan infrastruktur. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilgub Sulteng 2024, Skala Data Indonesia: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler