Cakada Terkaya di Sumsel, Lucianty Janji Hibahkan Seluruh Gaji jika Terpilih jadi Bupati Muba

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 11:50 WIB
Calon Bupati Musi Banyuasin (Muba) nomor urut 1 Lucianty. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Calon Bupati Musi Banyuasin nomor urut 1 Lucianty berjanji akan menghibahkan 100 persen gajinya jika dia terpilih sebagai bupati Muba pada Pilkada 2024.

Gaji yang diperkirakan sebesar Rp 6 juta per bulan akan disalurkan secara bergilir ke 229 desa di Muba selama lima tahun.

BACA JUGA: Jadi Cakada Terkaya di Sumsel, Lucianty Sudah Tuntas dengan Dirinya & Siap Memajukan Muba

Langkah ini diambil sebagai wujud komitmen Lucianty untuk total mengabdi di Bumi Serasan Sekate.

"Seratus persen gaji saya akan saya hibahkan untuk desa-desa di Kabupaten Muba. Insyaallah, niat ini saya lakukan dengan ikhlas sebagai bentuk pengabdian saya kepada masyarakat," ucap Lucianty, Sabtu (5/10).

BACA JUGA: Hadirkan Pasar Murah Keluarga Sehati di Jirak Jaya, Hj Lucianty Didoakan jadi Bupati Muba

Lucianty yang pernah menjabat sebagai wakil ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel 2008-2011 menyatakan keputusannya menghibahkan gaji ini karena dirinya merasa sudah "tuntas" dengan diri sendiri.

Dengan rekam jejak panjang sebagai pengusaha sukses, Lucianty mengatakan bahwa kebahagiaannya kini adalah mengabdi untuk masyarakat, bukan untuk mengejar materi.

BACA JUGA: Para Istri Cantik Terjerat Korupsi Bersama Suami: Neneng, Suzanna, Evi, Lucianty, Lily

"Seorang pemimpin harus selesai dengan dirinya sendiri sebelum maju bertarung. Saya sudah bersyukur dengan apa yang telah saya capai selama ini. Sekarang saatnya saya mengabdi penuh untuk masyarakat Muba yang kita cintai," ungkap Lucianty.

Inisiatif berani dari Lucianty ini mendapat apresiasi dari pengamat politik dari Universitas Sriwijaya M. Haekal Al-Haffafah.

Jika Lucianty benar berkomitmen untuk memberikan seluruh gajinya kepada masyarakat, kata dia, itu akan mampu pula membawa perspektif yang lebih holistik dan empatik dalam pengambilan keputusan.

"Sebagai perempuan, Lucianty memiliki naluri empatik yang kuat. Kebijakan ini menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat di desa-desa yang mungkin belum tersentuh secara merata. Jarang ada calon bupati yang berani berkomitmen seperti ini," ujar Haekal.

Menurut Haekal, kepemimpinan perempuan sering kali lebih inklusif dan mampu merangkul kelompok-kelompok yang terpinggirkan.

Lucianty hadir sebagai simbol keberanian dan pembuktian bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin yang kompeten di Muba yang selama ini kepemimpinannya didominasi oleh laki-laki.

"Kepemimpinan perempuan di sektor politik dapat memberikan dampak signifikan, terutama dalam isu-isu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, " kata Haekal.

Lucianty membuktikan bahwa perempuan memiliki tempat dan peran penting dalam politik.

"Ini merupakan contoh yang sangat penting bagi perempuan-perempuan lain di Muba," terang Haekal.

Ketua Tim Pemenangan Koalisi Serasan Sekate Beni Hernedi mengungkapkan bahwa latar belakang Lucianty sebagai pengusaha sukses menunjukkan kemampuannya dalam mengelola sumber daya dengan efisien.

Menurut Beni, pengalaman Lucianty dalam dunia bisnis dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengelolaan anggaran daerah yang transparan dan efisien, sekaligus menciptakan nilai tambah ekonomi bagi Musi Banyuasin.

Tak salah jika dukungan bagi Lucianty menguat secara signifikan beberapa waktu terakhir.

Oleh karena itu, lanjut Beni, Pilkada Muba 2024 akan menjadi ajang bagi Lucianty untuk membuktikan bahwa kepemimpinan perempuan bisa menghadirkan solusi yang nyata bagi masyarakat.

"Total kekayaan Lucianty yang mencapai Rp 490 miliar adalah hasil dari akumulasi kinerja dan produktivitas beliau selama bertahun-tahun," ungkap Beni.

"Ini menunjukkan bahwa beliau memiliki kompetensi dalam memanfaatkan sumber daya dengan optimal, yang dapat diterapkan dalam pengelolaan pemerintahan di Muba," sambung Beni yang juga mantan Plt Bupati Muba.

Dalam konteks daerah seperti Muba yang masih memiliki tantangan dalam kesejahteraan sosial dan pembangunan infrastruktur, kebijakan inklusif seperti yang ditawarkan Lucianty diharapkan bisa membawa perubahan positif. (mcr35/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler