Calderon: Guardiola Lebih Layak Dicontoh

Sabtu, 16 April 2011 – 21:40 WIB
MADRID - Siapa pelatih yang lebih baik di antara Jose Mourinho dengan Josep Guardiola? Biasanya bila pertanyaan itu diajukan kepada kubu Real, jawabannya Mourinho, atau ke kubu Barca biasanya jawabannya GuardiolaTapi, Ramon Calderon berbeda.

Meski berstatus mantan presiden Real, tapi Calderon justru lebih memilih Guardiola sebagai pelatih yang lebih baik

BACA JUGA: Real Latihan dengan 10 Pemain

Bahkan, tanpa ragu dia mengejek Mourinho sebagai pelatih tukang mengeluh
Bukan sosok pelatih ideal.

Pernyataan Calderon menjelang el clasico antara Real dengan Barcelona di Santiago Bernabeu, dini hari nanti, jelas makin memperkeruh suasana

BACA JUGA: Wenger Kehilangan Asisten

Apalagi, dalam 18 hari ke depan, akan terdapat empat laga el clasico.

Salah satu keluhan Mourinho yang menurut Calderon sebagai hal yang memuakkan adalah ketika mengeluhkan jadwal pertandingan di Liga Primera
Padahal, dia pernah merasakan berkompetisi di beberapa negara berbeda.

"Komplainnya soal jadwal adalah lelucon

BACA JUGA: Pemain LPI segera Dipanggil Seleksi

Dia pernah mengatakan itu saat masih di Inggris, tapi begitulah dia," bilang Calderon kepada Sport.es, seperti dilansir Goal.

Calderon melanjutkan, Mourinho sejatinya melakukan pekerjaannya dengan baik di lapanganNamun, keluhan-keluhannya tidak beralasan"Tim hebat tidak perlu selalu komplain soal wasit, nasib buruk, atau cedera pemain," jelas Calderon.

Tingkah laku seperti itulah yang membuatnya berbeda dengan GuardiolaMeski lebih muda dan memiliki gelar lebih sedikit ketimbang Mourinho, tapi Guardiola dianggap memiliki perilaku dan pembawaan yang jauh lebih baik.

"Guardiola punya cara pandang yang berbeda dan memiliki tingkah laku yang baikDia seorang yang patut menjadi contoh," kata pengacara berusia 59 tahun itu.

Boleh saja soal pelatih, Calderon menyatakan Guardiola merupakan sosok yang lebih baik, tapi, soal dukungan kepada klub tetap kepada Los Blancos, julukan Real.

"Kedua tim sama baiknyaMereka juga punya gaya yang sangat berbedaBarcelona lebih sering memainkan bola, berbeda dengan Real yang lebih suka memainkan sepak bola langsung," timpal Calderon.

Menurut Calderon, bila ingin menjadi raja Eropa, maka Real harus mengalahkan Barca dalam empat laga itu"Namun, Barcelona bermain sangat baikMereka terlalu sulit untuk ditaklukkan," ungkap presiden Real pada 2006-2009 itu(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Motivasi Berlipat sebagai Ayah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler